Senin, Juni 17, 2024

Rekomendasi 5 Jajanan Favorit Warga Ciamis Perkotaan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setiap orang tentu memiliki kuliner favorit di daerah tempat tinggalnya, termasuk juga jajanan. Di Ciamis ada beberapa jajanan yang hits yang bikin kangen ketika berada di perantauan.

Setiap pulang mudik atau liburan ke Ciamis, jajanan-jajanan itu selalu menjadi buruan warga. Mengingat jajanan tersebut sudah ada sejak lama.

Ini 5 Jajanan Favorit Warga Ciamis

Makaroni Basker

Makaroni Basker biasa mangkal di Jalan Perintis Kemerdekaan di depan Toserba Yogya Ciamis. Memang tak jauh berbeda dengan yang lain, ada makaroni basah dan makaroni kering yang digoreng. Konon, Makaroni Basker ini yang pertama ada Ciamis dan yang paling lama sekitar tahun 2000 an.

Makaroni Basker ini memang tidak begitu spesial, hanya menyediakan rasa pedas dan original. Tapi makaroni ini banyak disukai oleh anak sekolah, para remaja perempuan dan ibu-ibu, terutama pecinta pedas. Harga satu kantongnya Rp 5 ribu. Setiap ingin camilan makaroni sudah tentu yang teringat adalah Makaroni Basker.

Usus Crispy Jaya

Jajanan favorit selanjutnya adalah Usus Crispy Jaya berjualan di dekat Taman Alun-alun Ciamis tepat di simpang Jalan Perintis Kemerdekaan Ciamis. Walaupun jajanan ini baru ada beberapa tahun lalu, namun Usus Crispy Jaya sudah dicintai oleh para kalangan remaja penyuka camilan pedas.

Meski namanya usus Crispy, namun tersedia juga usus yang bertepung tapi digoreng masih kondisi basah. Bumbunya ada atom, pedas atau aida dan juga balado. Jajanan ini juga biasa diburu oleh para perantau ketika pulang ke Ciamis.

Cireng Endol Surendol

Cireng merupakan camilan khas Jawa Barat. Singkatan dalam bahasa sunda cireng berarti aci digoreng atau adonan tepung tapioka yang digoreng. Di Ciamis ada cireng yang hits di kalangan milenial yaitu cireng endol surendol.

Sejak kemuculan cireng endol surendol di Ciamis antara 2018 dan 2019, kalangan milenial langsung menggandrungi cireng isi aneka rasa itu hingga hits sampai saat ini. Terutama perempuan yang menggunakan rasa pedas.

Cireng endol ini memiliki khas sendiri tekstur kenyal dan tebal, selain itu bumbu rasa isi cireng cukup banyak. Mulai dari rasa jando, rasa ayam, rasa sapi, rasa ati, rasa usus, semuanya ada rasa pedas dan original. Harganya berkisar Rp 2.500 sampai Rp 3.000.

Saking ramainya, cireng tersebut kini banyak dijumpai di beberapa lokasi strategis di wilayah Ciamis. Bahkan banyak warga yang ikut menjadi reseller cireng endol. Salah satu lokasi yang paling banyak didatangi berada di Simpang Toserba Yogya Ciamis.

Cilok Midun

Cilok Midun bisa dikatakan sebagai salah satu cilok legendaris yang ada di Ciamis. Mulai dijual sekitar tahun 2007, cilok ini bisa dikatakan merajai percilokan di Ciamis.

Pedagang cilok Midun sangat mudah dijumpai di perkotaan Ciamis baik di tempat strategis atau di ruas-ruas jalan. Rasanya yang gurih, kenyal dengan isi daging ayam membuat cilok ini digandrungi masyarakat. Terutama ditambah bumbu saus, kecap dan bubuk cabe atau aida.

Harganya paling kecil Rp 100, sedang Rp 500 dan beser Rp 1.000 per biji. Namun dari banyaknya pedagang cilok Midun, yang paling terkenal dan hits pedagang yang biasa mangkal di Jalan Perintis Kemerdekaan depan CFC Ciamis.

Pisang Mesir

Jajanan favorit terkahir adalah Pisang Mesir merupakan camilan pisang yang digoreng dengan remah roti kemudian dibalut dengan aneka toping, seperti coklat dan keju. Jajanan ini mirip juga dengan pisang coklat atau pisang keju, namun pisang Mesir ini tidak dipotong-potong.

Ada beberapa ukuran yang tersedia dengan harga variatif. Ukuran kecil Rp 6 ribu, sedang Rp 8 ribu dan besar Rp 12 ribu. Untuk topingnya ada coklat, keju, greentea dan strawberri. Jajanan ini juga selalu diburu oleh masyarakat, termasuk oleh warga perantau yang pulang ke Ciamis. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya