Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Rekayasa Lalu Lintas, Dishub Ciamis Arahan Kendaraan Menuju Cirebon via Simpang Ramona

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jalur tengah di kawasan Alun-alun Ciamis kini dihilangkan setelah dilakukan revitalisasi beberapa waktu lalu. Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis pun melakukan rekayasa lalu lintas agar pengendara dapat dengan nyaman dan aman melintasi Ciamis.

Salah satu rekayasa lalu lintas yang dilakukan Dishub Ciamis dengan mengarahkan kendaraan yang datang dari arah Banjar atau Jawa Tengah yang menuju Cirebon. Biasanya kendaraan dari arah tersebut sebelumnya melintasi jalur tengah Ciamis.

Kini kendaraan tersebut diarahkan belok kanan di Simpang Ramona. Kemudian menuju Kelenteng jalan Ampera, lalu belok kiri menuju jalan RE Martadinata Ciamis selanjutnya menuju arah Kawali dan Cirebon.

Sedangkan untuk kendaraan yang dari arah Tasikmalaya yang menuju Cirebon disarankan masuk belok kiri ke jalan Siliwangi di Simpang Tonjong.

“Kami lakukan rekayasa lalu lintas, kendaraan dari arah Banjar yang akan menuju Kawali-Cirebon belok kanan dari Simpang Ramona,” ujar Dadang Mulyatna, Rabu (22/11/2023).

Dadang pun mengakui, jalan dari Simpang Ramona menuju Jalan RE Martadinata memiliki kekurangan. Seperti kendaraan yang tidak terlalu lebar dan adanya PKL yang berjualan. Namun pilihan jalan itu yang terbaik mengingat kondisi ketersediaan jalan.

“Kendala memang cukup besar, dengan manuver kendaraan besar, itu di sana kan ada PKL. Tapi sementara ke arah sana karena memang ketersediaan jalan,” jelasnya.

Selain itu rekayasa lalu lintas, guna mencegah kemacetan di wilayah perkotaan, Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis memasang papan larangan parkir di sepanjang lokasi Alun-alun Ciamis.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadi kemacetan kendaraan di pusat kota. Jalan tersebut juga merupakan jalan nasional.

Sejak selesai direvitalisasi, Alun-alun Ciamis kembali ramai dikunjungi masyarakat terutama pada sore hari. Pengunjung yang datang dengan menggunakan sepeda motor banyak yang memarkirkan kendaraannya di pinggir lokasi Alun-alun Ciamis. Mengingat saat ini sudah tidak ada jalan di tengah Alun-alun yang biasa menjadi kantong parkir.

“Kami telah menyiapkan kantung-kantung parkir untuk para pengunjung Alun-alun,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

7 Keluarga Korban Pergerakan Tanah di Panawangan Dapat Bantuan dari Dinsos Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa hari terakhir ini sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilanda bencana. Seperti pergerakan tanah di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan Bagi 3 Keluarga yang Rumahnya Terendam Banjir saat Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis menyalurkan bantuan untuk 3 keluarga yang rumahnya terendam banjir di Kelurahan Ciamis pada saat hari H Lebaran....

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Terpopuler

Lainnya