Selasa, Juni 25, 2024

Ratusan Siswa SMP Ikuti Pesantren Ramadan di Masjid Agung Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan siswa SMPN 1 Ciamis mengikuti pesantren Ramadan yang digelar DKM Masjid Agung Ciamis. Pesantren dimulai Rabu (13/3/2024) hingga 20 hari ke depan.

Ketua DKM Masjid Agung Ciamis Wawan S Arifien mengatakan pesantren Ramadan ini sebagai implementasi dari edaran Bupati Ciamis. Di mana pada Bulan Ramadan ini, para siswa dapat mengikuti kegiatan pesantren Ramadan.

“Kami kerja sama dengan SMPN 1 Ciamis. Pesantren dilaksanakan selama 20 hari ke depan. Selain siswa SMP ada juga siswa SMK dan SMA yang jadi peserta,” ungkapnya.

Wawan mengatakan antusiasme siswa untuk ikut pesantren tersebut cukup tinggi. Pada saat pendaftaran, ada 500 orang lebih yang mendaptar. Namun keterbatasan kuota, membuat peserta dibatasi.

“Kami hanya bisa menampung sampai 320 peserta,” ungkapnya.

Wawan menyebut, dalam kegiatan Pesantren Ramadan di Masjid Agung Ciamis ini melibatkan 34 ustaz dan penceramah. Jadwalnya dimulai setiap pukul 10.00-15.00 WIB.

Wawan menyebut, kegiatan pesantren ini baru dilaksanakan pertama secara gebyar. Ia berharap kegiatan ini dapat berjalan secara berkelanjutan.

“Materi yang kami berikan, mengenai keagamaan seperti hadits, Tauhid, Fiqih, akhlak, juga publik speaking hingga mengatasi ketergantungan gadget. Total ada 15 materi,’ ucapnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Ciamis Ihsan Rasyad mengatakan, kegiatan pesantren Ramadan ini bagian dari implementasi atas SE Bupati Ciamis.

“Kegiatan ini diselenggarakan oleh Masjid Agung Ciamis dan diikuti oleh siswa dan siswi SMPN 1 Ciamis,” katanya.

Sedangkan untuk agenda pesantren Ramadan yang digelar Pemkab Ciamis baru akan dibuka pada 19 Maret 2024. Pesertanya dari SMP, SMA hingga lansia.

“Kegiatan dalam rangka mengisi bulan ramadan ini kami kerja sama dengan Masjid Agung Ciamis, MUI dan Kemenag,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya