Rabu, April 10, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ratusan Rumah di Sadananya Ciamis Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com), – Angin puting beliung disertai hujan deras melanda wilayah Desa Mangkubumi, Kecamatan Sadananya, Ciamis. Perisitiwa yang terjadi pada Senin (26/2/2024) petang mengakibatkan 117 rumah terdampak mengalami rusak berat, sedang dan ringan.

Pantauan, Selasa (27/2/2024) di lokasi kejadian, terlihat warga tengah memperbaiki atap rumah masing-masing yang rusak tersapu angin. Beberapa pohon malaka besar tumbang menimpa atap rumah dan belum dievakuasi.

Petugas dari BPBD Ciamis dan Tagana Ciamis pun terjun ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah.

“Kemarin hujan disertai angin puting beliung. Saya langsung ke lokasi kejadian. Angin mulai datang sekitar pukul 17.00 WIB,” ujar Kepala Desa Mangkubumi Ali Muhidin saat ditemui di lokasi kejadian.

Ali menyebut hampir semua dusun di Desa Mangkubumi Sadananya diterjang angin puting beliung namun ada 3 desa yang paling terdampak.

“Total jumlah yang terdampak ada 110 kepala keluarga. Kondisinya rusak berat, sedang dan ringan. Kondisi yang paling parah dan paling banyak itu di Dusun Desa ada puluhan rumah yang rusak,” ungkap Ali.

Ali menyebut ada 10 kepala keluarga yang sejak malam diungsikan. Rumah mereka mengalami rusak berat dan juga tidak dapat dihuni akibat tertimpa pohon besar.

“Untuk penanganannya kami sudah berkordinasi dengan BPBD dan Tagana, termasuk dengan PLN karena ada tiang listrik yang doyong setelah tertimpa pohon. Ada 10 keluarga mengungsi baik ke rumah kerabat atau ke tetangga,” jelasnya.

Menurut Ali, angin puting beliung yang menerjang Desa Mangkubumi Sadananya baru pertama kali terjadi hingga menimbulkan kerusakan cukup parah.

“Kalau angin kencang dengan dampak ringan seperti genteng terbawa angin itu sering terjadi. Tapi kalau sekarang ini paling besar baru pertama kali,” ucapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Polres Ciamis Patroli ke Rumah Kosong yang Ditinggal Pemiliknya Mudik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis melakukan patroli rutin ke sejumlah rumah kosong karena ditinggal pemiliknya mudik. Patroli dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2024. Seperti yang...

Jelang Lebaran, Bupati Ciamis Berikan Bantuan Rutilahu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang Lebaran Idul Fitri, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya memberikan secara langsung bantuan rumah tidak layak huni (Rutilahu) kepada dua warga. Penyerahan bantuan...

5 Puskesmas di Jalur Mudik Ciamis yang Siap Melayani 24 Jam

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bagi pemudik yang kelelahan atau sakit saat melintasi Ciamis bisa memanfaatkan layanan puskesmas. Ada 5 Puskesmas di jalur mudik Ciamis yang...

Pantau Arus Mudik Lebaran 2024, Dishub Ciamis Manfaatkan 80 Kamera ATCS

Berita Ciamis (Djavatoday.com), - Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis siap melakukan pemantauan dan pengamanan Mudik Lebaran 2024. Salah satunya Dishub Ciamis memanfaatkan puluhan kamera Automatic...

Terpopuler

Lainnya