Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ratusan Lansia Ikuti Pesantren Ramadan di Masjid Agung Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan lansia mengikuti Pesantren Ramadan di Masjid Agung Ciamis. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dimulai Sabtu (23/3/2024).

Ketua DKM Masjid Agung Ciamis Wawan S Arifien mengatakan pesantren biasanya hanya untuk pelajar dan remaja saja, belum menyentuh ke orang tua. Untuk itu, Masjid Agung Ciamis bersama MUI dan Pemkab Ciamis membuka ruang dengan menggelar Pesantren Ramadan Lansia.

“Alhamdulillah antusiasnya tinggi. Pendaftar lebih dari 200 orang, tapi memang karena terbatas hanya bisa menerima peserta sampai 129 orang,” ungkap Wawan.

Wawan menjelaskan, peserta merupakan warga lansia dari perkotaan Ciamis, ada yang pensiunan PNS dan juga masyarakat umum.

Wawan berharap, para lansia ini semakin menyiapkan diri, memahami diri, termasuk dirinya. Suatu saat yang hidup pasti akan meninggal.

“Semoga kita jadi orang husnul khatimah, tapi kita juga harus kreatif dan tetap semangat,” ucapnya.

Yeyet Trisnayati (63), peserta, mengaku sangat antusias bisa mengikuti pesantren Ramadan khusus untuk lansia tersebut. Bahkan momen tersebut sangat ditunggu-tunggu.

Baginya, pesantren Ramadan ini momen baginya untuk meningkatkan hubungan dengan sang pencipta. Pesantren ini dilaksanakan secara bersama-sama, sesama lansia, sehingga tak merasa canggung atau malu.

“Saya menyadari dulu sebelum pensiun saya kurang dekat dengan ilmu agama. Jadi motivasinya ikut pesantren ini supaya lebih khusyuk dalam beribadah, meningkatkan ketakwaan dan keimanan. Apalagi sudah lanjut usia, ingin Istiqomah menyiapkan diri setelah kita meninggal nanti,” ucapnya.

Diharapkan kegiatan pesantren Ramadan untuk lansia ini dapat terus berjalan secara berkesinambungan.

Sementara itu, Ketua MUI Ciamis Saeful Ujun mengapresiasi dan kagum dengan antusias para lansia di Ciamis yang ikut pesantren Ramadan tersebut.

“Ini ide dari Ketua DKM Masjid Agung. Anggaran dari Pemda Ciamis kemudian kerja sama dengan MUI dan DKM Masjid Agung Ciamis melaksanakan kegiatan ini. Luar biasa,” ujar Ketua MUI Ciamis. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya