Kamis, Februari 29, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Puskesmas Tutup Gegara Corona, Ini Pesan Dinas Kesehatan Ciamis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis mengingatkan warga untuk tidak panik ketika Puskesmas tutup karena pasien atau tenaga kesehatan (Nakes) terkonfirmasi positif Covid-19.

Ditutupnya Puskesmas guna memutus mata rantai penyebaran virus corona. Ketika warga membutuhkan layanan kesehatan, bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan lainnya yang dekat dengan tempat tinggal.

Kepala Bidang Yankes pada Dinkes Ciamis Eni Rochaeni  mengatakan sepanjang pandemi Covid-19, Puskesmas yang sempat tutup  ada 11 Puskesmas. Sedangkan Nakes terkonfirmasi positif ada 37 orang.

“Untuk masyarakat jangan panik dan takut ketika puskesmas tidak membuka layanan. Itu ada temuan pasien atau Nakes yang terkonfirmasi positif,” jelasnya, Jumat (20/11/2020).

Ketika layanan kesehatan itu, petugas sedang melakukan penyemproten desinfektan. Memastikan Puskesmas bisa kembali steril. Sambil menunggu hasil swab dari para Nakes yang kontak erat dengan yang positif di Puskesmas.

Eni juga meminta masyarakat Ciamis supaya jujur saat memeriksakan ke Puskesmas. pernah kontak dengan yang positif atau ada riwayat ke luar daerah zona merah. Agar ketika ada gejala yang mendekati Covid-19 bisa langsung melakukan penanganan sesuai prosedur Covid-19.

“Kejujuran pasien itu penting. Ketika mengalami gejala Covid-19 langsung bicara saja. Jangan takut tidak dilayani. lebih baik jujur saja agar langsung ada penanganan. Sebelum menjadi penularan,” ucapnya.

Eni pun mengingatkan masyarakat untuk tidak lelah mempedomani protokol kesehatan 3M. Yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Kalau Puskesmas tutup tidak perlu khawatir tidak mendapat layanan kesehatan karena masih banyak fasilitas kesehatan terdekat. Yang paling ketika beraktivitas  jangan lupa mempedomani protokol kesehatan,” pungkasnya. (AY/CN/Djavatoday)

Pemilihan Duta Baca Ciamis 2024, Upaya Tingkatkan Literasi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan Paguyuban Duta Baca Ciamis menggelar Pemilihan Duta Baca Ciamis tahun 2024. Kegiatan digelar...

Resmikan Masjid Al Marjani Cisaga, Wabup Ciamis Ajak Warga Memakmurkan Masjid

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meresmikan Masjid Al Marjani di Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Selasa (27/2/2024) malam. Dalam kesempatan itu,...

Kisah Inspiratif Daryaman, Pedagang Gorengan di Ciamis Raih Gelar Doktor

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Cerita inspiratif datang dari Daryaman (40), seorang pedagang gorengan di Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang menempuh pendidikan tinggi hingga meraih...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Sadananya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis melalui FK Tagana Ciamis menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana angin puting beliung di Mangkubumi, Kecamatan Sadananya. Diketahui,...
spot_img

Terpopuler

Lainnya