Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Puncak Batu Walet, Wisata Baru di Panawangan Ciamis yang Menawan

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kekayaan alam Ciamis, Jawa Barat, memang tak ada habisnya. Banyak wisata alam mulai bermunculan. Seperti Puncak Batu Walet di Kampung Kondang, Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan. Sebuah destinasi baru yang menyajikan panorama alam indah.

Batu Walet ini adalah bukit, terletak di jalan raya Ciamis-Cirebon. Tempat ini menyuguhkan keindahan alam Panawangan yang diapit juga oleh beberapa bukit. Destinasi wisata baru ini merupakan gagasan masyarakat dan juga keinginan masyarakat sekitar. Dalam pembangunannya dengan memberdayakan pemuda Karang Taruna Kondang.

Puncak Batu Walet merupakan bukit batu besar. Tempat ini diselimuti oleh pepohonan yang hijau serta beraneka bunga. Pengunjung yang akanke puncaknya, terlebih dulu melewati 250 anak tangga. Meski melelahkan karena mendaki, tapi ketika sudah mencapai atas rasa lelah itu terobati dengan udara sejuk dan panorama alam yang indah.

Jarak dari perkotaan Ciamis bisa ditempuh sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan. Tempatnya pun strategis sehingga pengunjung dapat dengan mudah mencari lokasinya. Tempat ini sangat cocok untuk menenangkan pikiran.

Salah seorang Pengelola Puncak Batu Walet Yayan Suryana menyebut  obyek wisata ini tercipta karena memanfaatkan potensi dan kondisi alam yang mendukung. Para pemilik lahan pun antusias supaya tempat ini menjadi sebuah destinasi wisata.

Sejak awal pembangunan, setiap hari hampir seluruh berbagai kalangan warga dari ibu rumah tangga sampai anak-anak hingga pemuda dan bapak-bapak antusias bergotong royong.

Kini, lokasi wisata ini perlahan mulai terbentuk. Warga terus menata dan membersihkannya. Sehingga ke depan menjadi sebuah wisata  berkonsep kekinian yakni swafoto dan perkemahan.

Puncak Batu Walet Dikelola Untuk Hilangkan Kesan Angker

“Kami ingin menghilangkan kesan angker dan menyeramkan terhadap lokasi ini. Karena dulu area ini dikenal sebagai tempat pembungan mayat. Meskipun bukan tepat di lokas ini,” ucapnya.

Wisata Batu Walet ini juga memiliki sebuah Goa yang konon tembus hingga belasan kilometer sampai ke Gungung Bitung  di Kecamatan Sukamantri-Perbatasan Kuningan.

Namun hal itu masih sebatas cerita dan belum pernah ada yang menelusuri Goa yang l etaknya tersembunyi dan berlubang sempit.

“Semoga Puncak Batu Walet ini jadi tempat wisata di Ciamis yang dapat menjadi pilihan untuk rekreasi. Insyaalloh secepatnya selesai,” pungkas Yayan. (CN/Djavatoday)

Piata Land Malang, Kafe Wisata yang Kids Friendly

Piata Land Malang merupakan sebuah kafe yang mengusung konsep wisata untuk anak-anak dan tempat bersantai untuk orang tua. Jadi, Anda bisa bersantai menikmati kopi...

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu...

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Terpopuler

Lainnya