Selasa, April 16, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Program Si Kismis Dinsos Ciamis, Optimalkan Pelayanan Kesejahteraan Lewat TIK

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ciamis kini memiliki program Sistem Informasi Kartu Indonesia Sehat (Si Kismis). Program itu hadir untuk mengoptimalkan pelayanan kesejahteraan melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).

Program Si Kismis merupakan inovasi Dinsos Ciamis untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sekaligus membawa Ciamis ke dalam dimensi smart society. Dalam program itu, dapat menghubungkan orang, perangkat dan proses dengan lebih efisien.

Ciri dari smart society adalah dalam penggunaan teknologi guna memperbaiki layanan publik. Mengelola sumber daya secara efisien, mempromosikan partisipasi aktif masyarakat, dan juga meningkatkan keberlanjutan.

Ini melibatkan implementasi Internet of Things (IoT), big data, kecerdasan buatan, dan teknologi lainnya untuk menciptakan lingkungan yang lebih terhubung dan cerdas.

Kepala Dinsos Ciamis Eka Permana Oktaviana menjelaskan pihaknya terus melakukan optimalisasi program Si Kismis. Sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya sesuai dengan tujuan dan harapan.

Menurutnya, fitur unggulan dari Si Kismis adalah mengintegrasikan data kesehatan masyarakat, meningkatkan kecepatan akses dan lebih efisien guna kebutuhan kesejahteraan.

“Melalui Si Kismis, proses pendaftaran pendaftaran program kesejahteraan bisa lebih mudah dan transparan. Sehingga tak hanya meningkatkan efisiensi administratif, namun juga memberikan kapasitas kepada masyarakat dengan layanan yang mereka terima.

Eka menyebut Si Kismis adalah langkah nyata Dinsos Ciamis guna membawa kesejahteraan masyarakat ke level yang lebih tinggi. Pihaknya pun berkomitmen untuk menciptakan lingkungan yang cerdas, responsif kepada kebutuhan masyarakat dengan pemanfaatan teknologi.

Eka menjelaskan, kesejahteraan itu bukan mengubah cara memberikan layanan. Namun juga menciptakan keterlibatan aktif dari masyarakat untuk pemeliharaan kesejahteraan. Sehingga masyarakat Ciamis bisa lebih proaktif untuk mengelola kesejahteraan mereka.

Eka menegaskan, langkah inovatif tersebut sebagai kunci untuk membuka pintu menuju smart society secara berkelanjutan. (Ayu/CN/Djavatoday)

Nanang Permana Ambil Formulir Pendaftaran Penjaringan Bakal Calon Bupati Ciamis dari PDI Perjuangan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nanang Permana, Ketua DPC PDI Perjuangan Ciamis mengambil formulir pendaftaran bakal calon Bupati Ciamis di DPC PDI Perjuangan Ciamis. Nanang Permana...

Minibus Putih Terguling di Jalur Mudik Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah minibus putih terguling di Jalur Mudik Ciamis tepatnya di Jalan Jendral Sudirman, depan SMKN 1 Ciamis, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis,...

Tembok Pagar SMPN 1 Panjalu Ciamis Ambruk, Arus Lalu Lintas Sempat Tertutup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tembok pagar di depan SMPN 1 Panjalu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (14/4/2024) sore. Tidak...

5 Wisata Alam di Ciamis untuk Libur Lebaran yang Menarik Dikunjungi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kabupaten Ciamis punya sejumlah wisata yang menyajikan keindahan alam dan menarik untuk dikunjungi. Di libur lebaran 2024 ini merupakan waktu yang...

Terpopuler

Lainnya