Senin, Juli 15, 2024

Pria di Ciamis Cabuli Anak Tiri gegara Sering Rewel

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang pria di Ciamis berinisial EN (29) tega melakukan kekerasan seksual kepada anak tirinya yang masih berusia dua tahun. EN melakukan perbuatan itu di rumah kontrakannya di Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kapolres Ciamis AKBP Akmal melakukan penyelidikan kasus tersebut setelah mendapat laporan dari ibu korban. Anak mengalami pendarahan pada kemaluannya. Ibu korban pun memeriksakannya ke puskesmas. Hasilnya, kemaluan anak sobek. Usut punya usut, kemaluan korban sobek akibat perbuatan ayah tirinya EN.

Polisi pun kemudian menangkap pelaku dan menerapkannya sebagai tersangka. Kini pelaku ditahan di ruang tahanan Polres Ciamis.

“Kekerasan terhadap anak di bawah umur, berusia dua tahun. Dilakukan di kontrakan di Desa Panumbangan, Kecamatan Panumbangan. Pelakunya adalah ayah sambung (tiri),” ujar Kapolres di Mapolres Ciamis, Rabu (19/6/2024).

Kapolres menjelaskan modus tersangka melakukan kekerasan terhadap anak tiri karena kesal. Korban kerap rewel, pipis dan juga buang air besar (bab) di mana saja. Kemudian pada saat dibersihkan (cebok) oleh tersangka, tersangka memasukan jari tengah ke kemaluan korban.

“Kekerasan itu dilakukan satu kali. Pada saat kejadian, istrinya sedang tidur di kamar kontrakan. Anak ini buang kotoran dan dibersihkan pelaku. Kan namanya juga anak-anak. Pelaku kesal lalu melakukan kekerasan di kelamin korban,” kata Akmal.

Akibat perbuatannya, tersangka dikenakan Pasal 82 ayat (1) UU No. 17 Tahun 2016 Tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No. 1 Tahun 2016 Tentang Perubahan Kedua Atas UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak dan Pasal 76C Jo Pasal 30 ayat (2) UU No. 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas UU No. 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.

“Dipidana dengan pidana penjara paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp 5 miliar,” ungkapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Panwascam Panawangan Bentuk Forum Warga Ikut Awasi Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Panwascam Panawangan bentuk forum warga untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024. Peran masyarakat untuk mencegah pelanggaran sangat penting demi kelancaran...

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya