Rabu, Oktober 27, 2021

Polres Ciamis Datangi Desa, Tes Swab Antigen Pemudik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Aparat Polres Ciamis mendatangi sejumlah desa di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menyasar para pemudik yang berhasil pulang. Kemudian melakukan tes Swab Antigen gratis untuk warga tersebut bekerja sama dengan Pemerintah desa, Senin (17/5/2021).

Kali ini ada 4 desa di Kecamatan Ciamis yang telah didatangi rombongan dari Polres Ciamis. Yakni Desa Cisadap, Desa Imbanagara, Desa Imbanagara Raya dan Desa Panyingkiran. Sedikitnya lebih dari 20 pemudik yang menjalani tes Swab Antigen. Umumnya mereka akan kembali ke perantauan.

Baca juga:

Hasilnya, semua pemudik yang menjalani Swab Antigen ini tidak ada yang positif COVID-19. Mereka kemudian mendapat surat keterangan negatif COVID-19 dan bisa berangkat ke tempat kerjanya di perantauan.

“Kita laksanakan swab antigen gratis untuk pemudik di Ciamis tidak dipungut biaya. Khusus mereka yang memang akan berangkat ke tempat kerjanya masing-masing di kota dan daerah lain di luar Ciamis,” ungkap Kasat Binmas Polres Ciamis AKP Aep Saepudin di lokasi swab.

“Hari ini kita lakukan di 4 desa, besok juga masih akan dilaksanakan di beberapa desa lainnya. Kami juga melaksanakan tes ini di posko-posko pemantauan di jalur arus balik,” tambahnya.

Dengan adanya pengetesan ini, Aep berharap masyarakat yang akan kembali ke tempat kerja selalu sehat, tidak terpapar COVID-19. Pemudik yang akan balik ke perantauan ini pun tidak membawa COVID-19 ke daerah lain. Aep pun mengingatkan masyarakat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan karena masih dalam situasi pandemi COVID-19.

Sementara itu, Asep, seorang pemudik, mengaku senang bisa melaksanakan pengetesan tes swab Antigen COVID-19 secara gratis dari Polres Ciamis. Ia mengaku akan kembali berangkat ke Tangerang untuk bekerja. Ia pulang ke Ciamis sebelum adanya penyekatan yakni pada ke 15 bulan Ramadhan.

“Kemarin pulang sebelum penyekatan pertengahan bulan Ramadhan. Sekarang mau kembali ke Tangerang, setelah adanya tes ini mendapat surat jadi bisa tenang berangkat, tapi tentunya masker selalu saya pakai,” katanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU