Kamis, Juli 18, 2024

Polisi Tangkap Dua Pelaku Pemerasan Yayasan di Ciamis

DJAVATODAY.COM, CIAMIS,- Jajaran Satreskrim Polres Ciamis mengamankan dua pelaku pemerasan dan penipuan. Para tersangka yang diduga melakukan pemerasan kepada Yayasan Arrahmaniyyah di Cijeungjing, Ciamis. Keduanya kini berada di ruang tahanan Mapolres Ciamis.

Modus operandi yang dilakukan tersangka mengaku sebagai agen KPK. Kepada pihak yayasan mengaku telah memiliki temuan data terkait bantuan dari BNN pada tahun 2016. Kemudian tersangka meminta uang sebesar Rp 20 juta. Namun korban hanya memberikan Rp 2,7 juta.

“Kami tangkap keduanya, setelah mendapat laporan dari korban. Setelah diperiksa ternyata tersangka pelaku pemerasan ini bukan agen KPK dan tidak memiliki data yang dimaksud ataupun melaporkannya ke aparat penegak hukum,”  ungkap Kapolres Ciamis AKBP Dony Eka Putra di Mapolres Ciamis, Senin (31/8/2020).

Kedua pelaku berninisil EW (43) warga Cikoneng, sedangkan AS (35) warga Kecamatan Ciamis. Saat meminta uang, tersangka pemerasan ini menyebutnya dengan kata isyarat yakni 20 rantang, artinya Rp 20 juta.

“Pelaku meminta uang 20 rantang atau Rp. 20 juta. Korban tidak menyanggupinya akhirnya hanya bisa memberikan Rp 2,7 juta. Karena korban tidak terima saat tersangka meminta uang. Akhirnya korban melaporkan pelaku pemerasan ke polisi,” terang Kapolres Ciamis.

Akibat perbuatanya,  masing-masing tersangka pemerasan dijerat dengan pasal 369 ayat 1 dan atau pasal 378 KUHPidana. ancaman pidana kurungan maksimal 4 tahun penjara. Barang bukti yang berhasil diamankan, diantaranya uang tunai sebesar Rp. 2,7 juta, handphone dan satu unit Mobil. (FR/Djavatoday)

Calon Pengantin Diwajibkan Setor Tunas Kelapa, Begini Penjelasan Pemda Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pasangan calon pengantin di Kabupaten Ciamis, harus menyetorkan atau menanam tunas kelapa atau kitri saat akan melangsungkan pernikahan. Wacana itu dikeluarkan...

Rumah di Purwadadi Ciamis Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah milik Supangat lansia berusia 60 tahun di Dusun Sukamulya, Desa Purwadadi, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Peristiwa itu terjadi...

Masih Sakit, Satu Jemaah Haji Ciamis Tidak Pulang ke Tanah Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Satu orang jemaah haji asal Kabupaten Ciamis dari kloter 53 JKS tidak pulang ke tanah air. Hal itu karena sakit dan...

BPPD Ciamis Akan Gelar Tiba-tiba Touring Jilid IV, Ini Rutenya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Ciamis, BPPD Ciamis akan melaksanakan Tiba-tiba Touring. Tiba-tiba Touring yang saat ini sudah keempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya