Minggu, Juni 16, 2024

Polisi Tahan Kades di Ciamis Korupsi Anggaran Desa Setengah Miliar

Ciamis (Djavotoday.com),- Jajaran Satreskrim Polres Ciamis tahan AH (50) mantan Kepala Desa Nagarajaya, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Eks Kades di Ciamis ini diduga melakukan tindak pidana korupsi sejumlah anggaran desa setengah miliyar tahun 2018.

AH (50) menjadi Kepala Desa Nagarajaya pada periode 2013-2019. Sejumlah anggaran yang dikorupsi yakni Dana Desa (DD), ADD, PBB, Banprov, Bankeu, PAD Sewa Tower telekomunikasi dan anggaran iuran BPJS Ketenagakerjaan. Jumlah total yang dikorupsi sebesar Rp 510 juta.

“Tersangka kami amankan dengan beberapa barang bukti yakni uang tunai Rp 5 juta, beberapa dokumen APBDes Nagarajaya dan rekening koran serta bukti kwitansi penyerahan uang,” ujar Wakapolres Ciamis Kompol Hidayatulloh di Mapolres Ciamis, Rabu (16/9/2020).

Eks Kades di Ciamis ini dijerat dengan pasal 2 juncto pasal 3 Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi. Tersangka  terancam hukuman 4 sampai 20 tahun penjara.  

Modus tersangka, tidak melaksanakan seluruh kegiatan dana desa TA 2018. Malah memerintahkan bendahara untuk membayaran utang kepala desa kepada suplayer material. Memakai dana Bankeu Ciamis Rp 5 juta untuk pribadi. Anggaran Banprov Rp 90 juta untuk bayar hutan.

Uang kolektif pajak bumi dan bangunan (PBB) dari warga dipakai untuk pinjaman pribadi sebesar Rp 25 juta. Memakai uang PAD sewa tower tahun 2018 Rp 72 juta untuk penggantian operasional kepala desa. Anggaran untuk BPJS Ketenagakerjaan malah dipinjam oleh Kades.

“Saya imbau kepada para perangkat desa dan Kades di Ciamis agar menggunakan anggaran dan bantuan dari pemerintah sesuai peruntukannya. Jangan untuk kepentingan pribadi. Karena anggaran itu untuk membangun desa bukan untuk memperkaya diri,” tegasnya. (FR/Djavatoday)

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...

Warga Sukadana Sambut Kepulangan Syifa Al Fadila, Pemain Timnas Voli U-18 Asal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga beserta unsur pemerintahan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menyambut kepulangan Syifa Al Fadila, Sabtu (15/6/2024). Gadis berusia 16 tahun asal Sukadana...

Bapenda Ciamis Buka Pelayanan di Galuh Digital Festival

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis membuka pelayanan pada acara Galuh Digital Festival atau GDF. Acara GDF sendiri berlangsung di Taman Lokasana...

Dua Warga Alami Luka Bakar Tersambar Api di Belakang SPPBE Ciharalang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nasib malang dialami dua warga Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, yang mengalami luka bakar. Warga bernama Karman (81) dan Nanang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya