Kamis, Februari 29, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

186 Anak KPM PKH Ciamis Ikuti Gerakan Ayo Kuliah Sambil Kerja

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

DJAVATODAY.COM, Berita Ciamis – Program Keluarga Harapan atau PKH Ciamis mengelar kegiatan gerakan ayo kuliah. Kali ini sebanyak 186 anak keluarga penerima manfaat (KPM) yang telah lulus SMK/SMA ikut gerakan tersebut bahkan langsung kerja.

Dalam gerakan ayo kuliah ini, PKH menggandeng STMIK-DCI Tasikmalaya. Berkolaborasi dalam membantu dan memfasilitasi anak KPM supaya dapat melanjutkan pendidikan ke perugruan tinggi.

Koordinator PKH Ciamis Indra Maulana mengatakan gerakan ayo kuliah bagian dari program (Gerakan Kembali Sekolah Kembali Belajar). Sebagai bentuk upaya edukasi dan motivasi anak KPM PKH untuk dapat melanjutkan pendidikan.

“Ada 186 anak KPM PKH lulusan SMA/Sederajat yang ikut dalam gerakan ayo kuliah ini. Jadi selain kuliah mereka juga bekerja di salah satu perusahaan piranti teknik,” ujar Indra di Gedung Pramuka Ciamis, Senin (3/8/2020).

Indra mengatakan dalam gerakan ayo kuliah, dilakukan serangkaian pembinaan bagi siswa-siswi SMA/sederajat anak KPM PKH melalui pemetaan data peserta, edukasi dan motivasi, dan pelaksanaan pendampingan hingga kuliah.

“Kami melakukan kesepakatan antara PKH bersama STMIK-DCI Tasikmalaya. Menyerahkan pendaftaran calon mahasiswa dari anak KPM PKH, sampai masuk kuliah dan bekerja,” tuturnya.

Indra menambahkan, PKH Ciamis juga membantu memfasilitasi anak KPM yang masuk perguruan tinggi, untuk mendapatkan bantuan komplementer dari pemerintah lainnya.

“Kami akan mengupayakan bantuan komplementaritas lainnya dari pemerintah, seperti mendapat KIP/kuliah, beasiswa atau keringanan biaya kuliah lainnya. Ya, semoga diberikan kemudahan dan kelancaran,” imbuhnya.

Koordinator PKH Wilayah Jawa Barat 1 Atoillah Karim mengapresiasi dan mengajak SDM PKH untuk mendukung dan optimalkan proses pendampingan, bagi anak KPM PKH yang berkuliah.

“Terimakasih kepada SDM PKH Ciamis, kita sama-sama dukung dan optimalkan gerakan ayo kuliah ini, sampai pada proses pendampingan bagi anak KPM dimulai sejak di bangku sekolah, di perguruan tinggi, dan sampai nanti masuk di dunia kerja/usaha,” katanya.

Sehingga anak KPM PKH ini mampu mengangkat dan merubah kehidupan ekonomi keluaraganya menjadi sejahtera.

Ikuti Gerakan Ayo Kuliah PKH Ciamis, Anak KPM Ingin Banggakan Keluarga

Seorang anak KPM PKH, calon mahasiswa, Asyifa Nuraini (17) lulusan SMAN 1 Pamarican Ciamis mengaku antusias mengikuti gerakan ayo kuliah. Ia berkeinginan untuk meningkatkan derajat keluarganya dan membanggakan kedua orang tuanya. Upayanya dengan masuk perguruan tinggi.

“Ikut program gerakan ayo kuliah ini harapannya ingin membanggakan orang tua dan meningkatkan derajat keluarga,” ucapnya. *FR/Djavatoday

Pemilihan Duta Baca Ciamis 2024, Upaya Tingkatkan Literasi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan Paguyuban Duta Baca Ciamis menggelar Pemilihan Duta Baca Ciamis tahun 2024. Kegiatan digelar...

Resmikan Masjid Al Marjani Cisaga, Wabup Ciamis Ajak Warga Memakmurkan Masjid

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra meresmikan Masjid Al Marjani di Desa Cisaga, Kecamatan Cisaga, Selasa (27/2/2024) malam. Dalam kesempatan itu,...

Kisah Inspiratif Daryaman, Pedagang Gorengan di Ciamis Raih Gelar Doktor

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Cerita inspiratif datang dari Daryaman (40), seorang pedagang gorengan di Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang menempuh pendidikan tinggi hingga meraih...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Puting Beliung di Sadananya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis melalui FK Tagana Ciamis menyalurkan bantuan logistik untuk korban bencana angin puting beliung di Mangkubumi, Kecamatan Sadananya. Diketahui,...
spot_img

Terpopuler

Lainnya