Senin, Juli 15, 2024

Pilkada 2024, Lima Partai di Ciamis Sepakat Kerja Sama Politik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Lima partai politik di Kabupaten Ciamis sepakat menandatangani nota kesepahaman kerja sama politik. Penandatanganan dilaksanakan di sebuah rumah makan di Jalan Jendral Sudirman, Rabu (12/6/2024).

Lima partai tersebut PDI Perjuangan, Demokrat, PKS, PPP dan juga PKB siap menghadapi Pilkada 2024 dan akan mengusung satu pasangan calon.

Ketua DPC Demokrat Ciamis Anjar Asmara menegaskan poin dalam kerja sama politik tersebut salah satunya mengusung satu pasangan calon pada Pilkada 2024 Ciamis.

“Lima partai ini akan mengkomunikasikan kesepahaman kerja sama politik kepada pimpinan masing-masing. Mulai dari tingkat provinsi sampai pusat untuk mendapatkan persetujuan,” kata Anjar.

Anjar menyatakan saat ini pihaknya belum dapat menyampaikan nama calon yang akan diusung. Ada mekanisme yang harus dilalui.

“Yang memutuskan kan DPP, ada mekanismenya. Jadi tidak menyebut nama dulu siapapun yang nantinya akan diusung. Tentunya juga akan digodok dulu sebelum diserahkan ke DPP masing-masing,” ucapnya.

Kerja sama politik tersebut juga tidak hanya menjelang Pilkada Ciamis saja. Namun lebih jauh kerja sama ini juga akan terjadi legislatif.

“Kita juga sepakat lima fraksi ini kerja sama melaksanakan fungsi DPRD. Menyepakati penempatan anggota DPRD di lima fraksi ini dalam kepemimpinan AKD secara proporsional,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Nanang Permana, menuturkan kerja sama politik dilakukan atas surat tugas partai. Tugas itu adalah menggalang kerja sama politik dengan partai lain yang memiliki kesepahaman yang sama.

“Ini kerja sama politik, bukan koalisi. Kalau koalisi waktunya sejenak. Kerja sama politik untuk berbagai bidang, sebagai pendidikan politik masyarakat,” ungkapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Panwascam Panawangan Bentuk Forum Warga Ikut Awasi Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Panwascam Panawangan bentuk forum warga untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024. Peran masyarakat untuk mencegah pelanggaran sangat penting demi kelancaran...

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya