Sabtu, Juni 22, 2024

PIK R Smart Desa Dayeuhluhur Ciamis Masuk Nominasi 3 Besar Nasional Genre Award

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) Smart Desa Dayeuhluhur, Kecamatan Jatinagara, Kabupaten Ciamis, berhasil masuk 3 besar Genre Award tingkat nasional tahun 2024.

Tim Verifikasi Genre Award dari Direktorat Bina Ketahanan Remaja (DitHanRem) BKKBN RI pun mendatangi Desa Dayeuhluhur untuk melakukan penilaian, Selasa (4/6/2024). Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna pun turut mendampingi tim verifikasi Genre Award.

Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna pun mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas terpilihnya PIK R Smart Desa Dayeuhluhur masuk nominasi 3 besar nasional.

“Ini sebagai bukti apresiasi nyata dari BKKBN pusat dan Forum Genre Indonesia pada remaja-remaja di Ciamis yang tergabung dalam kelompok pusat informasi dan konseling remaja,” Imbuhnya.

Engkus pun menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dalam mensukseskan kegiatan ini.

Kelompok PIK R Smart Desa Dayeuhluhur ini diharapkan dapat menjadi yang terbaik di tingkat nasional. Hal ini tentunya dapat memotivasi kelompok PIK R lainnya di Kabupaten Ciamis dan Jawa Barat pada umumnya.

Dalam kegiatan Ia berharap adik-adik dari PIK R Smart dapat memberikan penjelasan yang sedetail-detilnya kepada tim penilai. Sehingga mampu memberi gambaran secara utuh tentang kerja keras adik adik selama ini.

“Terutama dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan pemberian akses informasi, pendidikan konseling kesehatan reproduksi, seksualitas, gizi. Dan juga perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja,” tuturnya.

PIK R Smart Berperan Dalam Turunkan Stunting

Engkus juga mengingatkan agar kegiatan ini menjadi salah satu kegiatan dalam rangka penurunan angka stunting di Kabupaten Ciamis.

“Utamanya dalam peningkatan pengetahuan tentang edukasi gizi dan pencegahan anemia. Selain itu juga mencegah kelahiran bayi stunting,” pungkasnya

Sementara itu, Ketua Tim Verifikasi BKKBN Pusat Pryanti menyampaikan terimakasih atas sambutan yang baik dalam menerima kedatangannya di Kabupaten Ciamis.

Tujuan Tim Verifikasi ke Ciamis guna mengkonfirmasi dari satiap kegiatan yang rutin dilaporkan melalui aplikasi pelaporan SIGA (Sistem Informasi Gender dan Anak).

“Hal ini menjadi salah satu indikator seberapa sering dan aktifnya PIK-R itu melakukan pencatatan dan pelaporan ke SIGA itu,” katanya.

“Tim juga menilai dari video profil serta testimoni penerima manfaat dari keberadaan PIK-R Smart. Penilaian dengan melihat apakah pengurus aktif memberikan edukasi melalui media sosial masing-masing,” tambahnya.

Ia juga menyebutkan bahwa Kelompok PIK R Smart Desa Dayeuhluhur merupakan Kelompok pilihan dari puluhan ribu Kelompok PIK R yang ada di Jawa Barat dan Nasional. (Ayu/CN/Djavatoday)

Pemkab Ciamis Raih Penghargaan dari Pj Gubernur Jabar Atas Komitmen Kesejahteraan Lansia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis kembali meraih prestasi. Kali ini penghargaan dari Pemprov Jawa Barat atas komitmen Pemkab Ciamis terhadap pelayanan dan kesejahteraan untuk...

Dear Warga Ciamis, Saksikan Penampilan Sejumlah Pelaku Seni di Acara Napak Jagat Pasundan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Acara Napak Jagat Pasundan akan diselenggarakan di Alun-alun Ciamis pada Sabtu (22/6/2024) besok sekitar pukul 16.00 WIB sampai malam hari. Napak Jagat...

Disdukcapil Ciamis Buka Pelayanan Aktivasi IKD di Acara CCF

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis membuka pelayanan aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) pada kegiatan Ciamis Creative Festival (CCF). Adanya pelayanan aktivasi IKD tersebut dalam rangka...

Viral Pemotor Ugal-ugalan di Ciamis, Polisi Amankan 12 Remaja Pelajar dan Dikembalikan ke Ortu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Video aksi sejumlah pemotor ugal-ugalan yang diketahui di Jalan Raya Ciamis viral di media sosial Instagram akun @Ciamis.info beberapa hari lalu. Dalam...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya