Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pesona Rahasia Leuwi Korsi Garut yang Tersembunyi

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Garut, memang menjadi salah satu tujuan favorit destinasi alam. Daerah yang dikelilingi perbukitan ini menyuguhkan banyak wisata alam dengan udara segar yang jauh dari ingar-bingar perkotaan. Salah satunya adalah pesona rahasia Leuwi Korsi yang banyak diketahui.

Leuwi Korsi, memang belum begitu familiar dikalangan luas. Namun, masyarakat lokal sudah menganggap Leuwi Korsi sebagai ‘surga’ tersembunyi. Penasaran dengan pesonanya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Pesona Rahasia Leuwi Korsi, Air Sungai Sebiru Kristal

Leuwi Korsi adalah sebuah leuwi atau sungai yang berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Letaknya tak jauh dari Leuwi Jurig atau Kolam Setan. Rahasia Leuwi Korsi terletak pada sungainya yang jernih sebiru kristal. Dikelilingi pepohonan tentu menciptakan udara segar yang khas.

Aliran sungainya sangat tenang. Untuk kamu yang ingin belajar berenang sembari menikmati alam yang asri, Leuwi Korsi tentu sangat cocok menjadi pilihanmu. Warna air dari leuwinya memang sesekali berubah. Bergantung pada cuaca atau turunnya hujan.

Susunan Batu Cadas Membentuk Deretan Kursi

Di pinggir sungai atau leuwi ini terdapat tebing dengan susunan batu cadas yang berjejer rapi meninggi.

bebatuan ini membentuk barisan kursi atau dalam Bahasa Sunda disebut korsi. Itulah mengapa leuwi ini disebut Leuwi Korsi. Bebatuan ini dinamakan Columnar joint, bagian dari pesona rahasia milik Leuwi Korsi.

Warna tebing dan bebatuan yang indah dipadukan dengan birunya air tentu menjadi daya tarik tersendiri. Pemandangan ini akan membuatmu tak tahan untuk tidak mengambil foto. Leuwi Korsi memang instagramable, cocok untuk berfoto bersama teman atau pun keluarga. Selain indah, batu cadas tersebut dipercaya merupakan salah satu situs megalitikum yang ada di Indonesia.

Pekatnya suasana alam membuat siapapun ingin berlama-lama menikmati pesona rahasia Leuwi Korsi ini. Anda bahkan bisa berendam seharian atau berjemur sambil menikmati perpaduan warna alam.

Perjalanan Berbatu

Karena wisata alam ini masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah. Akses menuju Leuwi Korsi pun membutuhkan perjuangan. Setelah sampai di Desa Bojong, Anda harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Kendaraan pengunjung dapat diparkirkan di sekitar rumah warga.

Jalan yang harus ditempuh sedikit terjal dan banyak bebatuan. Yang membuat anda harus berhati-hati. Meski terasa berat, pesona rahasia Leuwi Korsi tentu akan membuatmu semakin bersemangat.

Fasilitas dan Tiket Masuk

Untuk tiket masuk Lewi Korsi, Anda tidak perlu khawatir karena biayanya seratus persen gratis. Cukup siapkan bensin dan stamina kuat untuk menempuh perjalanan saja. Anda juga harus menyiapkan bekal makanan dan kebutuhan lainnya sendiri. Karena fasilitas di Leuwi Korsi ini masih belum memadai.

Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjunginya? Kapan lagi Anda bisa menikmati pesona alam tanpa harus membayar biaya sepeser pun. Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Leuwi Korsi, jangan lupa untuk menjaga lingkungan, ya. Karena pesona rahasia Leuwi Korsi sangatlah berharga. (Rismawati/CN/Djavatoday)

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

Terpopuler

Lainnya