Minggu, April 14, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Peringati HPN, Ponpes Miftahul Ulum Ciamis Edukasi Santri Lewat Teatrikal

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pondok Pesantren Miftahul Ulum Bangunsirna, Desa Sukamaju, Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis menggelar teatrikal santri. Kegiatan ini digelar di Aula Ponpes pada Jumat (21/10/2022) malam.

Teatrikal ini merupakan yang pertama kali setelah pemerintah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN).

Pimpinan Yayasan Dar El Rahman Pondok Pesantren Miftahul Ulum KH Arief Ismail Chowas mengatakan kegiatan ini merupakan pembelajaran atau juga eddukasi para santri dari seorang tokoh kyai yang luar biasa.

“Tentu saja kita belajar dari beliau (KH Hasyim Asy’ari) seorang yang gigih, berkomitmen untuk mencari ilmu, tawaddu. Tentu punya kejuangan yang luar biasa,” kata Arief.

Arief menjelaskan, perjuangan para tokoh ulama bisa jadi teladan bersama. Santri harus punya semangat berjuang dan berkorban.

“Alhamdulillah dengan semangat hari santri, para tokoh ulama yang mendasari akan adanya hari santri ini. Itu merupakan salah satu bentuk penghargaan bagi beliau almakbulah KH Hasyim Asy’ari.” ujarnya.

Menurut salah satu santriwati, Esa Nurhasanah (17), dengan kegiatan teatrikal santri ini, terdapat makna nilai-nilai islam yang ia peroleh.

“Dibandingkan belajar dikelas, kegiatan ini juga banyak manfaatnya. Mudah memahami tentang cerita para ulama untuk memperjuangkan bangsa dan negara,” Kata Esa.

Esa pun mengatakan, setelah melaksanakan kegiatan teatrikal santri ini, ia juga menjadi tahu terhadap cerita para tokoh pejuang yang membangun Indonesia.

“Alhamdulillah dengan manfaat yang saya ambil dari kegiatan ini, akan saya contohkan dan praktekan kepada masyarakat sebagaimana dalam tokoh ulama ini yakni KH Hasyim Asy’ari” pungkasnya. (Ibay/CN/Djavatoday)

7 Keluarga Korban Pergerakan Tanah di Panawangan Dapat Bantuan dari Dinsos Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa hari terakhir ini sejumlah daerah di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, dilanda bencana. Seperti pergerakan tanah di Desa Nagarapageuh, Kecamatan Panawangan...

Dinsos Ciamis Salurkan Bantuan Bagi 3 Keluarga yang Rumahnya Terendam Banjir saat Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Ciamis menyalurkan bantuan untuk 3 keluarga yang rumahnya terendam banjir di Kelurahan Ciamis pada saat hari H Lebaran....

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Terpopuler

Lainnya