Rabu, Mei 29, 2024

Perhimpunan Penyintas Thalasemia, Gelar Aksi Berbagi di RSUD Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Perhimpunan Penyintas Thalasemia Indonesia (PPTI) Cabang Ciamis menggelar kegiatan berbagi dengan tema “Berbagi Berkah di Bulan Ramadan Bersama PPTI Ciamis”. Kegiatan digelar di RSUD Ciamis dan Alun-alun Ciamis.

PPTI ini merupakan perkumpulan yang mewadahi penyintas thalassemia yang sudah remaja dan dewasa. Memiliki tujuan untuk bersama-sama saling menguatkan, dan memberikan semangat kepada sesama penyintas.

Perhimpunan Penyintas Thalasemia memiliki tugas untuk mensosialisasikan mengenai Thalasemia dan mengajak masyarakat untuk lebih sadar terhadap skrining awal sebelum menikah. Hal itu dilakukan untuk mencegah lahirnya penyintas thalasemia baru.

Adapun kegiatan yang pernah dilakukan adalah sosialisasi thalassemia ke sekolah, organisasi mahasiswa serta menjadi partner POPTI (Perhimpunan Orang tua Penyintas Thalasemia Indonesia).

Untuk kegiatan berbagi paket berbuka kali ini Sasarannya yaitu kepada keluarga/wali pasien di Ruangan Kelas 3 dan ICU RSUD Ciamis. Kegiatan ini dibarengi juga dengan sosialisasi Thalasemia dan penjaringan calon pendonor yang dilaksanakan di Alun-alun Ciamis.

Terdapat 81 paket berbuka dan 150 takjil yang dibagikan dan bersumber dari donatur, keluarga dekat, Lembaga zakat (Zakat Sukses) dan dari kas PPTI serta kas POPTI.

Latar Belakang Aksi Perhimpunan Penyintas Thalasemia Berbagi

Adapun latar belakang adanya kegiatan ini adalah karena penyintas merasa perlu untuk memberikan kontribusi untuk orang lain.

“Selama ini kami banyak dibantu dan mendapatkan berkat dari kebaikan dan kebermanfaatan orang-orang baik di sekeliling kami. Kami merasa perlu mensyukuri banyak hal sehingga harus berkontribusi juga untuk orang lain,” ujar Khairunnisa, Ketua PPTI Cabang Ciamis.

Perhimpunan Penyintas Thalasemia berinisiatif menggelar kegiatan berbagi tersebut di RSUD dikarenakan sering dan terbiasa dengan pemandangan rumah sakit sehingga membuat terenyuh dan berempati.

“Karena kami sering dan terbiasa di RS maka pemandangan di RS kadang membuat kami terenyuh dan berempati juga pada pasien-pasien lain yang mungkin keadaannya tidak lebih baik dari kami. Pasien yang dirawat berhari-hari, pasien yang rumahnya jauh dari RS, pasien yang sedang kritis dll,” ujar Khairunnisa.

Dengan adanya kegiatan ini Khairunnisa berharap agar Perhimpunan Penyintas Thalasemia Indonesia bisa menjadi role model untuk adik-adik seperjuangan.

“Semoga Kedepannya PPTI Ciamis semakin kompak, solid, dan bisa menjadi role model untuk adik-adik seperjuangan. Juga penyemangat untuk semua orang tua penyintas thalasemia.” Pungkas Khairunnisa. (Pas/Djavatoday)

PSGC Ciamis Bubarkan Tim Usia Gagal ke 8 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis membubarkan tim musim 2023/2024 setelah gagal lolos ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Laskar Singacala kandas di babak...

Jalan Mundur Warnai Aksi Solidaritas Jurnalis Ciamis Tolak RUU Penyiaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jurnalis dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (28/5/2024). Mereka menyerukan penolakan...

Lomba Merpati Tingkat Nasional di Ciamis Berdampak Baik untuk Ekonomi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Lomba burung merpati tingkat nasional seri 3 kembali digelar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kegiatan itu digelar Penggemar Merpati Tinggi Indonesia...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya