Minggu, Juni 16, 2024

Penuh Makna, Peringatan HUT Gong Perdamaian Dunia ke 11 di Ciamis

CIAMIS (Djavatoday.com),- Peringatan HUT Gong Perdamaian Dunia ke 11 tahun diselenggarakan sederhana di Situs Ciung Wanara, Karangkamulyan, Ciamis, Jawa Barat, Rabu (9/9/2020). Namun mempunyai tradisi yang penuh makna dan nilai luhur di dalamnya.

Gong Perdamaian Dunia ini merupakan satu Gong raksasa dari total 5 di Indonesia. Mengingat saat ini dalam kondisi pandemi Covid-19, perayaan HUT Gong raksasa ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya yang tidak begitu meriah.

Pasalnya, tidak banyak tamu undangan dan wisatawan yang hadir. Adanya pembatasan oleh panitia. Jadi, yang hadir hanya tokoh kebudayaan, kabuyutan serta para pejabat Pemerintah Kabupaten Ciamis.

Meskipun diselenggarakan secara sederhana, namun tidak mengurangi makna, tradisi dalam peringatan HUT Gong Perdamaian Dunia yang ke 11 tahun tahun 2020.

Berdasarkan pantauan dilapangan, prosesi diawali dengan prosesi tradisi kirab kebhinekaan sambil membawa lambang garuda. 9 bendera merah putih, 9 umbul-umbul masing-masing warna merah warna putih.

Yang kemudian menuju tempat Gong disimpan, dengan diiringi gamelan musik tradisional. Kirab ini diikuti oleh tim seni dan masarakat adat. Dengan tujuan untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa cinta tanah air.

Setelah itu, dilanjutkan dengan acara intinya peringatan HUT Gong Perdamaian Dunia, yaitu menabuh Gong. Gong ini dipukul hanya setahun sekali. Dilakukan oleh pejabat seperti Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra dan para tokoh kebudayaan.

Pantai Gatra Malang, Pesona Surgawi Bak Raja Ampat!

Pantai Gatra Malang merupakan sebuah objek wisata dengan pesona laut yang begitu indah bak Raja Ampat, Papua. Hal ini tercermin dari airnya lautnya yang...

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...

Warga Sukadana Sambut Kepulangan Syifa Al Fadila, Pemain Timnas Voli U-18 Asal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga beserta unsur pemerintahan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menyambut kepulangan Syifa Al Fadila, Sabtu (15/6/2024). Gadis berusia 16 tahun asal Sukadana...

Bapenda Ciamis Buka Pelayanan di Galuh Digital Festival

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis membuka pelayanan pada acara Galuh Digital Festival atau GDF. Acara GDF sendiri berlangsung di Taman Lokasana...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya