Kamis, Mei 23, 2024

Penjelasan Kasatpol PP Ciamis Soal Mobil Damkar Mundur Sendiri

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil Damkar Ciamis tiba-tiba mundur sendiri saat sedang membersihkan oli berceceran di Jalan RE Martadinata, Kamis (15/12/2022). Kepala Satpol PP Ciamis Uga Yugaswara yang membawahi Bidang Pemadam Kebakaran pun angkat bicara penyebab kejadian tersebut.

Uga menjelaskan penyebab mobil damkar mundur sendiri lantaran tidak maksimalnya fungsi pengganjal atau blocking. Menurut Uga, untuk memancarkan air, mesin mobil damkar harus dalam keadaan menyala karena harus menghidupkan mesin pancar. Sedangkan ketika mesin hidup, rem tangan tidak bisa berfungsi.

“Kami memohon maaf atas kejadian ini dan atas ketidaknyamanannya. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” ujar Uga, Jumat (16/12/2022).

Menurut Uga, kejadian ini berawal dari adanya panggilan tugas atas laporan warga. Petugas damkar membersihkan oli yang berceceran di jalan RE Martadinata sekitar RS Al Arif dan Ampera dengan kondisi jalan tersebut menurun.

Mobil kemudian diganjal karena saat mesin hidup rem tangan tidak berfungsi. Awalnya berjalan lancar, petugas membersihkan jalan dari oli yang berceceran. Sedikit demi sedikit muatan air pun berkurang menyemprot jalan dan beban mobil pun menjadi ringan.

“Kemudian saat sopir mah geser, otomatis beban mobil berkurang. Hal ini membuat roda yang diganjal terangkat sehingga ada jarak dengan pengganjal. Fungsi pengganjal pun tidak maksimal yang akhirnya roda bergerak lalu mundur karena kondisi jalan miring,” terang Uga.

Selain tidak maksimalnya fungsi pengganjal, menurut Uga kondisi jalan yang licin pun menjadi salah satu faktor mobil damkar tiba-tiba mundur sendiri. Beruntung mobil mundur ke sebelah kanan hingga menabrak pohon dan tebing.

“Kami pastikan tidak ada korban jiwa. Kendaraan yang rusak hanya bagian bamper saja. Setelah kejadian itu, Anggota masih melakukan pembersihan jalan sampai selesai. Mengingat oli yang berceceran di jalan membahayakan pengguna jalan,” pungkasnya.

Sebelumnya, heboh mobil Damkar Ciamis tiba-tiba mundur sendiri di Jalan RE Martadinata hingga nyaris menabrak kendaraan belakangnya. (CN/Djavatoday)

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...

Buruh di Ciamis Tewas Tersengat Listrik saat Pasang Talang Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nahas dialami seorang buruh harian lepas bernama Maman Rustaman (56) asal Kelurahan Linggasari, Ciamis. Maman tewas tersengat listrik saat memasang talang...

Tarsum Pelaku Mutilasi Istri Dikembalikan ke Polres Ciamis Usia Jalani Observasi di RS Jiwa Cisarua

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sudah 14 hari sudah Tarsum pelaku kasus pembunuhan dan memutilasi istrinya di Ciamis menjalani rehabilitasi di RS Jiwa Cisarua Bandung. Tarsum...

HUT Kodam III Siliwangi, Kodim Ciamis Gelar Turnamen Sepakbola U-17 Dandim Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kodim 0613 Ciamis menggelar turnamen sepakbola U-17 Dandim Cup antar kecamatan. Turnamen ini digelar dalam rangka peringatan HUT ke 78 Kodam...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya