Selasa, Juni 25, 2024

Pengetesan Covid-19 Capai Standar WHO, Bupati Ciamis Apresiasi Medis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pengetesan Covid-19 dengan metode PCR atau swab test di Kabupaten Ciamis telah mencapai standar WHO.  Yakni sudah lebih dari 1 persen dari jumlah penduduk.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapresiasi upaya Tim Medis Satgas penanganan Covid-19 Ciamis yang terus berjuang menangani pandemi. Hal itu ia sampaikan saat webinar bulan kesehatan gigi nasional 2020 di Aula Setda Ciamis, Sabtu (14/11/2020).

“Kita bangga dengan Satgas dan tim medis Ciamis, yang telah melakukan tracing dan pengetesan Covid-19 melebihi standar WHO,” ujar Herdiat.

Saat ini Pemkab Ciamis telah melakukan pengetesan PCR sebanyak 15.355 sampel. Jumlah penduduk Kabupaten Ciamis adalah 1,4 juta jiwa. Meski begitu pengetesan PCR ini masih akan terus dilakukan, mengingat jumlah kontak tracing dari pasien positif masih cukup banyak.

Herdiat pun mengingatkan kepada masyarakat agar tetap mempedomani protokol kesehatan 3M. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak atau jauhi kerumunan. Karena saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Ciamis sedang mengalami puncaknya di bulan November.

“Saat ini jumlah yang terkonfirmasi positif sebanyak 272 orang. Yang positif aktif sebanyak 87 orang, 14 orang meninggal dunia dan yang sembuh 171 orang,” kata Herdiat.

Meski demikian, Pemkab Ciamis masih akan terus melakukan pengetesan Covid-19 dan tracing kontak. Karena masih ada beberapa sektor yang belum melakukan pengetesan, terutama untuk layanan publik.

Herdiat mengajak kepada seluruh pihak untuk bekerjasama, memiliki tekad bersama dalam penanganan pandemi Covid-19 ini.

“Sebetulnya memutus mata rantai penyebaran virus corona ini sangat gampang. Virus itu menular lewat mulut, hidung dan mata. Untuk itu ketika kita mematuhi protokol kesehatan, virus itu tidak akan masuk. Jadi jangan kendor terapkan protokol kesehatan 3M. Agar kita tetap sehat dan tetap produktif,” pungkasnya. (AY/CN/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya