Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pengetesan Covid-19 Capai Standar WHO, Bupati Ciamis Apresiasi Medis

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pengetesan Covid-19 dengan metode PCR atau swab test di Kabupaten Ciamis telah mencapai standar WHO.  Yakni sudah lebih dari 1 persen dari jumlah penduduk.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapresiasi upaya Tim Medis Satgas penanganan Covid-19 Ciamis yang terus berjuang menangani pandemi. Hal itu ia sampaikan saat webinar bulan kesehatan gigi nasional 2020 di Aula Setda Ciamis, Sabtu (14/11/2020).

“Kita bangga dengan Satgas dan tim medis Ciamis, yang telah melakukan tracing dan pengetesan Covid-19 melebihi standar WHO,” ujar Herdiat.

Saat ini Pemkab Ciamis telah melakukan pengetesan PCR sebanyak 15.355 sampel. Jumlah penduduk Kabupaten Ciamis adalah 1,4 juta jiwa. Meski begitu pengetesan PCR ini masih akan terus dilakukan, mengingat jumlah kontak tracing dari pasien positif masih cukup banyak.

Herdiat pun mengingatkan kepada masyarakat agar tetap mempedomani protokol kesehatan 3M. Memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak atau jauhi kerumunan. Karena saat ini jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Ciamis sedang mengalami puncaknya di bulan November.

“Saat ini jumlah yang terkonfirmasi positif sebanyak 272 orang. Yang positif aktif sebanyak 87 orang, 14 orang meninggal dunia dan yang sembuh 171 orang,” kata Herdiat.

Meski demikian, Pemkab Ciamis masih akan terus melakukan pengetesan Covid-19 dan tracing kontak. Karena masih ada beberapa sektor yang belum melakukan pengetesan, terutama untuk layanan publik.

Herdiat mengajak kepada seluruh pihak untuk bekerjasama, memiliki tekad bersama dalam penanganan pandemi Covid-19 ini.

“Sebetulnya memutus mata rantai penyebaran virus corona ini sangat gampang. Virus itu menular lewat mulut, hidung dan mata. Untuk itu ketika kita mematuhi protokol kesehatan, virus itu tidak akan masuk. Jadi jangan kendor terapkan protokol kesehatan 3M. Agar kita tetap sehat dan tetap produktif,” pungkasnya. (AY/CN/Djavatoday)

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Terpopuler

Lainnya