Sabtu, Juni 15, 2024

Pendaftaran Pengajuan Bantuan UMKM di Ciamis Masih Berlangsung

DJAVATODAY.COM, CIAMIS,- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (KUKMP) Ciamis masih menerima pendaftaran pengajuan bantuan UMKM. Bantuan ini merupakan Banpres Usaha Mikro (BPUM) dari Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Koperasi dan UKM.

Sampai dengan saat ini lebih dari 21 ribu pelaku usaha mikro di Ciamis telah mendaftarkan diri. Sejak dibukanya pengajuan pada tanggal 11 Agustus 2020.

“Yang mendaftar sudah banyak. Tapi saat ini kami masih membuka layanan bagi para pelaku UMKM yang belum mendaftar sampai ada instruksi selanjutnya dari Kementerian. Karena memang tidak ada dibatas per daerah. Itu tergantung kuota pusat terpenuhi,” ujar Kepala Dinas KUKMP Ciamis, David Firdha, Jumat (28/8/2020).

Menurut David, bantuan UMKM dari pemerintah pusat ini untuk 12 juta pelaku usaha mikro se-Indonesia. Setiap pelaku usaha mendapat Rp 2,4 juta. Pihak Kementerian pun tak membatasi setiap daerah dalam penerimaan pendaftaran pengajuan bantuan ini.

“Tidak dibatasi, tapi itu dapat membuka peluang untuk para pelaku usaha di Ciamis banyak yang menerima bantuan dari pemerintah pusat ini. Kalau misalkan kuotanya belum terpenuhi masih terus. Kalau kuota pusat habis kami juga akan tutup layanan,” ucapnya.

Pihak Dinas KUKMP Ciamis langsung mengirimkan data pendaftar pengajuan via online. Agar pusat bisa langsung segera memverifikasi data pelaku usaha calon penerima bantuan.

David tidak bisa memastikan jumlah pelaku usaha mikro yang mendapat bantuan UMKM tersebut. Karena bantuan presiden ini tidak melalui dinas tapi pencairannya langsung masuk ke masing-masing rekening.

“Harapan kami, semua pelaku usaha yang telah mendaptar ini mendapat bantuan. Kami hanya bisa membantu sampai penerimaan pengajuan. Selanjutnya keputusan ada di pusat. Kami hanya bisa berdoa,” pungkasnya. (FR/Djavatoday)

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...

Warga Sukadana Sambut Kepulangan Syifa Al Fadila, Pemain Timnas Voli U-18 Asal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga beserta unsur pemerintahan Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, menyambut kepulangan Syifa Al Fadila, Sabtu (15/6/2024). Gadis berusia 16 tahun asal Sukadana...

Bapenda Ciamis Buka Pelayanan di Galuh Digital Festival

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Ciamis membuka pelayanan pada acara Galuh Digital Festival atau GDF. Acara GDF sendiri berlangsung di Taman Lokasana...

Dua Warga Alami Luka Bakar Tersambar Api di Belakang SPPBE Ciharalang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nasib malang dialami dua warga Desa Ciharalang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, yang mengalami luka bakar. Warga bernama Karman (81) dan Nanang...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya