Sabtu, Maret 2, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pemkab Ciamis Sediakan TPU Pasien Covid-19 Seluas 5,2 Hektar

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com) – Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis menyediakan tempat pemakaman umum atau TPU pasien Covid-19. Pemakaman ini memiliki luas luas 5,2 hektar, Selasa (20/10/2020).

Pemakaman umum untuk Covid-19 ini terletak di Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Guna antisipasi penolakan dari masyarakat terhadap jenazah pasien positif Covid-19, maka akan dimakamkan di lokasi tersebut.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DPRKLH Kabupaten Ciamis, Giyatno mengatakan, pemkab Ciamis telah menyiapkan lokasi untuk TPU seluas 5,2 hektar. Ini status tanahnya memang milik pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Lokasi ini mamang sudah memenuhi layak untuk pemakaman dan secara tata ruangnya juga diperuntukan untuk tempat permakaman umum, atau juga TPU untuk pasien Covid-19. Nantinya TPU ini juga dikelola oleh Pemkab Ciamis,,” katanya.

Giyatno mengungkapkan, untuk menindaklanjutinya, nanti akan ada peraturan daerah (Perda) tentang permakaman termasuk tentang retribusi pemakaman oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis.

“TPU ini juga nantinya akan digunakan untuk pasien Covid yang meninggal. Kemudian akan dimakamkan dilokasi ini, kalaup ada masyarakat yang menolak. Mudah-mudahan saja, tidak hal demikian supaya pasien yang meninggal bisa di makamkan di lokasi terdekatnya,” ungkapnya.

Giyatno menambahkan, selain untuk pasien Covid-19, TPU ini juga bisa digunakan oleh masyarakat sekitar. Tetapi sesuai aturan atau SOP yang nanti akan ditindak lanjuti oleh pemerintah daerah Ciamis.

“Karena pemakaman ini sipatnya umum, jadi siapapun juga bisa menggunakannya. Namun tetap harus sesuai aturan yang berlaku,” pungkasnya. (FR/Djavatoday)

Warga Baregbeg Ciamis yang Meninggal Dunia Akibat Terjangkit DBD Jadi 2 Orang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam kurun waktu bulan Januari-Februari 2024, sebanyak 2 warga Baregbeg, Kabupaten Ciamis, meninggal dunia akibat terjangkit demam berdarah Dengue (DBD). Kepala Desa...

Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa Baregbeg Ciamis Bakal Digelar Meriah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Baregbeg, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, biasa melaksanakan Tradisi Nadran di Situs Buyut Mangun Tapa. Tradisi ini digelar setiap menjelang...

Bupati Ciamis Apresiasi Kerja Keras PKK Tanpa Imbalan untuk Pembangunan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat.Sunarya mengapresiasi kerja keras, kontribusi dan peran PKK dalam pembangunan di Tatar Galuh Ciamis. Hal itu Herdiat sampaikan saat...

Rapat Pleno Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Dimulai, Ini Pesan Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rapat pleno terbuka rekapitulasi perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tingkat Kabupaten Ciamis mulai digelar. Kegiatan dilaksanakan di Lapang Tenis...
spot_img

Terpopuler

Lainnya