Rabu, Juni 19, 2024

Pemkab Ciamis Sediakan TPU Pasien Covid-19 Seluas 5,2 Hektar

Ciamis (Djavatoday.com) – Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis menyediakan tempat pemakaman umum atau TPU pasien Covid-19. Pemakaman ini memiliki luas luas 5,2 hektar, Selasa (20/10/2020).

Pemakaman umum untuk Covid-19 ini terletak di Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Guna antisipasi penolakan dari masyarakat terhadap jenazah pasien positif Covid-19, maka akan dimakamkan di lokasi tersebut.

Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan DPRKLH Kabupaten Ciamis, Giyatno mengatakan, pemkab Ciamis telah menyiapkan lokasi untuk TPU seluas 5,2 hektar. Ini status tanahnya memang milik pemerintah Kabupaten Ciamis.

“Lokasi ini mamang sudah memenuhi layak untuk pemakaman dan secara tata ruangnya juga diperuntukan untuk tempat permakaman umum, atau juga TPU untuk pasien Covid-19. Nantinya TPU ini juga dikelola oleh Pemkab Ciamis,,” katanya.

Giyatno mengungkapkan, untuk menindaklanjutinya, nanti akan ada peraturan daerah (Perda) tentang permakaman termasuk tentang retribusi pemakaman oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis.

“TPU ini juga nantinya akan digunakan untuk pasien Covid yang meninggal. Kemudian akan dimakamkan dilokasi ini, kalaup ada masyarakat yang menolak. Mudah-mudahan saja, tidak hal demikian supaya pasien yang meninggal bisa di makamkan di lokasi terdekatnya,” ungkapnya.

Giyatno menambahkan, selain untuk pasien Covid-19, TPU ini juga bisa digunakan oleh masyarakat sekitar. Tetapi sesuai aturan atau SOP yang nanti akan ditindak lanjuti oleh pemerintah daerah Ciamis.

“Karena pemakaman ini sipatnya umum, jadi siapapun juga bisa menggunakannya. Namun tetap harus sesuai aturan yang berlaku,” pungkasnya. (FR/Djavatoday)

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...

Keren, Disdukcapil Ciamis Masuk 3 Besar Lolos Penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis, masuk 3 besar lolos penilaian dalam hasil seleksi administrasi Adminduk Prima Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ciamis,...

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya