Sabtu, Mei 25, 2024

Pemkab Ciamis Ledakan Batu Besar yang Tutup Akses Jalan Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui DPUPRP Ciamis ledakan batu besar yang tutup akses jalan warga Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Senin (18/7/2022). Sebelumnya batu tersebut terbawa longsor pada Minggu (26/6/2022).

Akibatnya, warga Dusun Karangwangkal yang terdiri dari 110 kepala keluarga atau 250 jiwa terisolir beberapa Minggu. Mengingat jalan yang tertimbun batu itu hanya satu-satunya akses jalan warga. Adapun jalan lain harus memutar jauh melewati wilayah Kabupaten Pangandaran.

“Jadi kejadian bencana pada Minggu tanggal 26 Juni lalu, tanah longsor membawa batu besar menutupi akses jalan poros desa. Lalu kami dari solusi paling mudah dengan meledakan batu,” ujar Kepala Dinas PUPRP Ciamis Andang Firman, Senin (18/7/2022).

Andang menjelaskan ukuran batu tersebut perkiraan panjang 7 meter, lebar 5 meter dan tinggi 4 meter. Sehingga sangat tidak mungkin melakukan pemindahan.

“Alhamdulillah proses penghancuran batu dengan cara meledakan berlangsung aman. Setelah hancur lalu kami bereskan menggunakan alat berat,” ungkap Andang.

Pemkab Ciamis kerja sama dengan Polres Ciamis dan Dahana untuk ledakan batu besar tersebut. Termasuk proses perizinan peledakan batu oleh Polres Ciamis.

“Proses peledakan mulai sejak Jumat, petugas mengebor baru untuk menyimpan alat peledaknya. Sekarang sudah hancur, prosesnya cukup cepat,” ungkapnya.

Andang menyebut sebelum batu hancur, sedikitnya warga 3 RT terisolir. Kendaraan sama sekali tidak dapat melintas. Batu berukuran besar itu hampir menurut seluruh badan jalan.

“Alhamdulillah, baru sudah dihancurkan. Saat ini tinggal proses membereskan batu yang sudah berkeping-keping itu. Setelah selesai, jalan sudah bisa dilalui kembali,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya