Senin, Juli 22, 2024

Pemkab Ciamis akan Asuransikan Ketua RT dan RW, Ada Syaratnya

Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis berencana akan  mengasuransikan BPJS Ketenagakerjaan para Ketua RT dan RW Se-Ciamis. Hal itu diungkapkan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat menerima bantuan COVID-19 dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjar, di Pendopo, Kamis (8/10/2020).

“Potensi asuransi di Ciamis masih banyak untuk Ketua RT, RW, Guru ngaji, honorer dan lainnya. Rencana ke depan kita ingin mengasuransikan mereka,” ujar Herdiat.

Tujuannya, kata Herdiat, supaya para Ketua RT dan RW lebih giat dalam membantu pemerintah Kabupaten Ciamis. Selain itu supaya lebih tenang dan mendapat jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan.

“Untuk mewujudkan mengasuransikan RT/RW dari Pemkab Ciamis kita akan pelajari hukumnya seperti apa. Kalau memang boleh kita siapkan, supaya mereka lebih tenang,” kata Herdiat.

Ketika aturannya membolehkan asuransi untuk RT dan RW, Herdiat pun mengajukan syarat kepada BPJS Ketenagakerjaan. Pemkab Ciamis ingin ada kantor Cabang di Kabupaten Ciamis. Selama ini masih masuk ke Cabang Banjar.

“Tapi satu syarat, kantor cabang bukan BPJS ketenagakerjaan Banjar tapi cabang Ciamis. Kalau tahun depan terwujud, kalau untuk 10 ribu saja tentu kami sanggup asal kantornya di Ciamis,” katanya.

Sejauh ini Pemkab Ciamis sangat memperhatikan para Ketua RT dan RW. Setiap tahun ada tunjangan dari Pemkab sebesar Rp 1 juta per tahun yang dialokasikan dari APBD Ciamis. Jumlah Ketua RT di Ciamis sebanyak 10 ribu orang dan RW sebanyak 1.500 orang.

Dalam kesempatan ini pula, Herdiat pun mengajak para RT dan RW untuk terus menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan 3M. Yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

“Saat ini COVID-19 di Ciamis terus bertambah. Sekarang jumlahnya sudah 117 orang, sudah ada transmisi lokal dari klaster keluarga. Untuk itu kami imbau selalu jalankan protokol kesehatan,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

DPRD Ciamis Bersama Pj Bupati Sepakati Dua Raperda Jadi Perda, Ada RPJPD 2025-2045

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- DPRD Ciamis bersama Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna sepakati dua Raperda jadi Perda. Keduanya menandatangani persetujuan bersama saat Rapat Paripurna DPRD...

Peringatan Muharram, Paguyuban Bagja Desa Jalatrang Ciamis Gelar Bakti Kesehatan Khitanan Massal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Paguyuban Bagja Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, menggelar Bakti Kesehatan khitanan massal. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka semarak Muharram. Khitanan Massal...

Pilkada 2024, Ketua Korpri Ciamis Imbau ASN Jaga Netralitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ketua Korpri Ciamis, Erwan Darmawan mengimbau kepada ASN di Kabupaten Ciamis agar dapat menjaga netralitas dalam Pilkada tahun 2024. "Jaga kondusifitas daerah...

Buka Muskercab, Pj Bupati Ciamis Apresiasi NU dalam Membangun Persatuan Bangsa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna resmi membuka Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) II Nahdlatul Ulama Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Kantor...
IMG-20240721-WA0006
IMG-20240721-WA0006

Terpopuler

Lainnya