Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pemkab Ciamis akan Asuransikan Ketua RT dan RW, Ada Syaratnya

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis berencana akanĀ  mengasuransikan BPJS Ketenagakerjaan para Ketua RT dan RW Se-Ciamis. Hal itu diungkapkan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat menerima bantuan COVID-19 dari BPJS Ketenagakerjaan Cabang Banjar, di Pendopo, Kamis (8/10/2020).

“Potensi asuransi di Ciamis masih banyak untuk Ketua RT, RW, Guru ngaji, honorer dan lainnya. Rencana ke depan kita ingin mengasuransikan mereka,” ujar Herdiat.

Tujuannya, kata Herdiat, supaya para Ketua RT dan RW lebih giat dalam membantu pemerintah Kabupaten Ciamis. Selain itu supaya lebih tenang dan mendapat jaminan kesehatan dan ketenagakerjaan.

“Untuk mewujudkan mengasuransikan RT/RW dari Pemkab Ciamis kita akan pelajari hukumnya seperti apa. Kalau memang boleh kita siapkan, supaya mereka lebih tenang,” kata Herdiat.

Ketika aturannya membolehkan asuransi untuk RT dan RW, Herdiat pun mengajukan syarat kepada BPJS Ketenagakerjaan. Pemkab Ciamis ingin ada kantor Cabang di Kabupaten Ciamis. Selama ini masih masuk ke Cabang Banjar.

“Tapi satu syarat, kantor cabang bukan BPJS ketenagakerjaan Banjar tapi cabang Ciamis. Kalau tahun depan terwujud, kalau untuk 10 ribu saja tentu kami sanggup asal kantornya di Ciamis,” katanya.

Sejauh ini Pemkab Ciamis sangat memperhatikan para Ketua RT dan RW. Setiap tahun ada tunjangan dari Pemkab sebesar Rp 1 juta per tahun yang dialokasikan dari APBD Ciamis. Jumlah Ketua RT di Ciamis sebanyak 10 ribu orang dan RW sebanyak 1.500 orang.

Dalam kesempatan ini pula, Herdiat pun mengajak para RT dan RW untuk terus menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan 3M. Yakni mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

“Saat ini COVID-19 di Ciamis terus bertambah. Sekarang jumlahnya sudah 117 orang, sudah ada transmisi lokal dari klaster keluarga. Untuk itu kami imbau selalu jalankan protokol kesehatan,” pungkasnya. (CN/Djavatoday)

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Terpopuler

Lainnya