Selasa, Juni 25, 2024

Pemkab Ciamis Ajak Cegah Covid-19 Melalui Pendekatan Ruhaniyah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus pasien Covid-19 di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat masih tinggi mencapai 30 orang dalam sehari. Dalam upaya mencegah penularan virus Corona, Pemkab Ciamis mengajak masyarakat melakukan pendekatan ruhaniyah disamping melakukan protokol kesehatan.

Hal itu tertuang dalam instruksi Bupati Ciamis Herdiat Sunarya Nomor 441/084-KESRA/2021. Instruksi ini atas kesepakatan bersama MUI Ciamis dan Forum Silaturahmi Pondok Pesantren  (FSPP) Ciamis.

Upaya pendekatan ruhaniyah dalam instruksi Bupati Ciamis ini antara lain semakin mendekatkan diri dan khusyuk dalam beribadah.  Menyelenggarakan kegiatan pembacaan al quran 30 Juz.  Membaca istigfar, doa ismul a’dzum dan doa keselamatan setelah salat.

Membaca qunut nazilah usai salat fardu dan memperbanyak shalawat. Juga memperbanyak sedekah dan infaq kepada orang yang membutuhkan.

Pendekatan ruhaniyah ini juga bukan hanya untuk umat islam. Tapi bagi yang non muslim untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama dan keyakinan masing-masing. Instruksi ini berlaku sejak 1 februari 2021 dan dilaksanakan selama 1 bulan penuh.

Kabag Kesra Setda Ciamis Ihsan Rasyad membenarkan instruksi Bupati Ciamis tersebut. Surat instruksi ini telah disebar ke seluruh lapisan masyarakat, terutama MUI kecamatan dan desa. Kemudian diteruskan untuk disampaikan ke masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan amalan ibadah melalui pendekatan ruhaniyah ini kita mendapat perlindungan dari yang maha kuasa.  Dari segala bencana, musibah termasuk wabah virus Corona yang saat ini masih terus berlangsung,” ungkapnya. (CN/AY/Djavatoday)

Meski Baru Dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis Jadi Runner Up di Rajawali Cup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meskipun baru dibentuk, Pemda Volley Ball Ciamis masuk babak Grand Final pada turnamen bola voli Rajawali Cup 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di...

Macan Turun Gunung ke Permukiman Teror Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Macan tutul penghuni Gunung Sawal, Kabupaten Ciamis, turun ke permukiman. Warga Desa Cikupa, Kecamatan Lumbung dan Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, pun...

Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis Raih Predikat Paripurna

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Klinik Pratama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadiyah Ciamis berhasil meraih akreditasi predikat Paripurna. Sebelumnya, Klinik Pratama STIKes Muhammadiyah Ciamis dinilai oleh...

Kecelakaan Truk Tronton dan Motor di Ciamis, Satu Orang Tewas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mobil truk tronton terlibat kecelakaan dengan sepeda motor di Tanjakan Alinayin, di Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut menyebabkan, pengendara sepeda motor...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya