Sabtu, April 20, 2024

Pemilu 2024 Selesai, Panwascam Baregbeg Tatap Persiapan Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Perhelatan Pemilu 2024 telah selesai dilaksanakan. Panwascam Baregbeg pun menggelar publikasi dan dokumentasi pengawasan pemungutan hasil penghitungan suara, Minggu (31/3/2024). Kini Panwascam Baregbeg pun melakukan persiapan menatap Pilkada Ciamis.

Ketua Panwascam Baregbeg Derry Ridwan Moshul mengatakan Pemilu 2024 tingkat Kecamatan baregbeg telah selesai. Sesuai amanat undang-undang masa kerja panwascam akan berakhir 2 bulan pasca pemilu, yaitu di april mendatang.

Tahapan pemilu saat ini adalah, kata Derry, perselisihan hasil Pemiluhan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK). Sedangkan di tingkat Kecamatan Baregbeg pemilu sudah usai sejak selesainya pleno di tingkat kecamatan pada 21 febuari 2024.

“Kami sebagai ketua Panwascam Baregbeg Ciamis mengucapkan terimakasih atas kerjasama seluruh masyarakat, pemerintah, TNI/Polri, dan rekan Pers. Penyelenggaraan pemilu serentak 2024 tidak akan sukses tanpa partisipasi seluruh elemen masyarakat,” Kata Derry.

Menurut Derry, Panwascam Baregbeg telah bekerja sebaik mungkin demi mensukseskan pemilu tingkat Kecamatan Baregbeg.

“Sebagai laporan kepada masyarakat, kami telah melakukan pencegahan sebanyak 54 kegiatan. Baik yang berbentuk surat himbauan, forum warga, pojok pengawasan dan patroli pengawasan,” ucapnya.

Selama tahapan pemilu, pihaknya tercatat sudah menangani 3 pelanggaran. Diantaranya 2 tindak pidana pemilu dan 1 pelanggaran undang-undang lainnya. Ini adalah bentuk komitmen Panwascam kepada masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Sekertaris MUI Kecamatan Baregbeg mengatakan bahwa berkat kerja keras Panwascam persatuan umat pasca pemilu tetap kokoh.

“Perbedaan pilihan adalah fitrah. Hal yang wajar setiap orang memiliki pilihan yang berbeda. Tetapi Persatuan umat adalah yang paling penting” Ujar Kuswa selaku sekertaris MUI Kecamatan Baregbeg.

Kuswa menambahkan, kerja keras Panwascam Baregbeg Ciamis telah berhasil meminimalisir residu-residu pasca pemilu. Sehingga pemilu di Baregbeg bisa terselenggara sukses tanpa ekses. (Andra/CN/Djavatoday)

Mitos Pantangan Warga Sumedang Kunjungi Situ Panjalu Ciamis Terpecahkan Lewat Kirab Mahkota Binokasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah sekian lama mitos pantangan atau larangan warga Sumedang mengunjungi/menyeberangi Situ Lengkong Panjalu, Ciamis kini terpecahkan. Hal itu ditandai dengan even...

Akhiri Masa Jabatan Bupati Ciamis Herdiat Lantik 146 Pejabat, Andang Firman Jadi Sekda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengakhiri masa jabatan dengan melantik dan ambil sumpah 146 pejabat Pemkab Ciamis. Pelantikan dilaksanakan di halaman Pendopo...

TNI Sumedang Bangun Saluran Air Bagi Warga yang Terdampak Longsor di Permukiman

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- TNI Koramil 1009 Tomo Kodim 0610 Sumedang menggelar kegiatan karya bakti. TNI membantu masyarakat membangun saluran air di Dusun Cirendang, Desa...

Kirab Mahkota Binokasih di Ciamis Jadi Edukasi Sejarah untuk Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kirab Mahkota Binokasih dari Keraton Sumedang Larang telah dilaksanakan dua hari di Kabupaten Ciamis, Selasa-Rabu (16-17/5/2024). Kirab digelar di dua tempat...

Terpopuler

Lainnya