Sabtu, April 13, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pemilihan Duta Baca Ciamis 2024, Upaya Tingkatkan Literasi Masyarakat

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Ciamis bekerja sama dengan Paguyuban Duta Baca Ciamis menggelar Pemilihan Duta Baca Ciamis tahun 2024.

Kegiatan digelar di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis, Rabu (28/2/2024). Kegiatan dihadiri Bunda Literasi Ciamis Kania Ernawati Herdiat. Tema dari kegiatan itu Mewujudkan Ciamis Literat, Berwawasan Unggul dan Berbudi Luhur.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis Dadan Wiadi mengatakan, Program for Internasional Student Assessment (PISA) melaporkan pada tahun 2023, tingkat literasi Indonesia berada pada posisi ke tiga terbawah di Asean.

Selain itu dari 80 negara di Dunia, Indonesia menduduki peringkat ke 70. Kondisi ini tentunya sangat miris mengingat jumlah penduduk Indonesia sekitar 270 juta jiwa. Namun tingkat literasi bangsa berada pada posisi terendah.

Dadan pun mengapresiasi atas digelarnya Pemilihan Duta Baca tahun 2024. Ini tentunya menjadi salah satu ikhtiar dalam meningkatkan literasi masyarakat Tatar Galuh.

“Kami kerja sama dengan Paguyuban Duta Baca Ciamis. Ini sebagai langkah apresiasi kami terhadap generasi muda supaya punya peran penting untuk meningkatkan literasi,” jelasnya.

Peningkatan literasi masyarakat, menurut Dadan merupakan tanggung jawab dan tugas bersama.

“Harapan kami, dengan duta baca ini dapat memotivasi anak-anak muda untuk berkiprah memberikan kontribusi dalam meningkatkan minat baca,” tuturnya.

Setelah terpilih, para duta baca ini akan ikut melakukan sosialisasi dan juga mengedukasi masyarakat akan pentingnya literasi.

“Nantinya mereka akan bertugas ke sekolah, di lingkungannya. Kami juga akan melakukan koordinasi dengan pendidikan. Para duta baca ini dapat mendongeng, mengajar anak paud supaya gemar membaca,” ungkapnya.

Kata Bunda Literasi Atas Pemilihan Duta Baca Ciamis

Sementara itu, Bunda Literasi Ciamis Kania Ernawati Herdiat mengapresiasi kepada Duta Baca Ciamis. Mereka turut andil dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

Menurutnya, Ciamis punya prestasi di tingkat Provinsi Jabar. Pada tahun 2023, Duta Baca Ciamis menyabet juara 1 tingkat Jabar. Hal itu tentunya jadi motivasi bersama untuk terus meningkatkan raihan tersebut.

Kania menjelaskan pemilihan duta baca merupakan kegiatan tahunan. Bunda Literasi Ciamis juga sangat mendukung kegiatan tersebut. (Ayu/CN/Djavatoday)

Dua Rumah di Sadananya Terdampak Longsor, Polsek Ciamis Gotong Royong Bareng Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dua rumah di dua desa Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, terdampak longsor akibat hujan deras, Jumat (12/4/2024). Anggota Polsek Ciamis Polres Ciamis...

Cerita Yeni Raup Cuan Pemudik di Gapura Ciamis Setiap Lebaran Sejak 2002

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berkah musim mudik Lebaran Idul Fitri dirasakan warga atau pemilik warung yang berada di jalur mudik Ciamis. Seperti yang dirasakan oleh...

Jadi Wisata Alternatif, Pospam Kawali Polres Ciamis Patroli di Taman Surawisesa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Taman Surawisesa menjadi lokasi alternatif wisata bagi masyarakat. Untuk itu, Personel Pos Pengamanan Operasi Ketupat Lodaya 2024 wilayah Kawali Polres Ciamis...

Polsek Cipaku Polres Ciamis Monitor Kawasan Obwis Waterboom Jalatrang saat Libur Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polsek Cipaku Polres Ciamis melakukan monitoring di obyek wisata (obwis) Waterboom Jalatrang saat momen libur Lebaran, Kamis (11/4/2024). Monitoring ini dilakukan...

Terpopuler

Lainnya