Rabu, Juni 19, 2024

Hari Pertama Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Kadisdik Ciamis Pantau Sekolah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Uji coba pembelajaran tatap muka di Kabupaten Ciamis dimulai hari ini Senin (19/4/2021). Uji coba ini kan berlangsung selama dua minggu di bulan Ramadhan.

Hari pertama pelaksanaan uji coba tatap muka, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Asep Saeful Rahmat memantau ke sejumlah sekolah.

“Ada 779 sekolah mulia jenjang SMA/MA, SMP/Mts dan SD/MI yang menggelar pembelajaran tatap muka selama pandemi ini,” ujarnya.

Asep mengatakan jumlah tersebut berdasarkan rincian Sekolah Dasar sebanyak 744 sekolah, Madrasah Ibtidaiyah 3 sekolah, SMP 20 sekolah, MTs 3 sekolah, SMA 4 sekolah dan Madrasah Aliyah 5 sekolah.

“Untuk jenjang PAUD, TK dan SMK belum bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka karena masih banyak guru yang belum divaksin,” katanya.

Pantauan Djavatoday di SMPN 1 Ciamis, sebelum masuk ke kelas semua siswa terlebih dahulu dicek suhu tubuhnya. Kemudian mereka diharuskan mencuci tangan memakai sabun dan diingatkan memakai masker.

Didalam kelas juga tempat duduk siswa diberi jarak. Siswa duduk secara zig zag dengan aturan satu siswa satu meja.

“Sekolah yang melaksanakan tatap muka wajib mematuhi protokol kesehatan. Selain itu sekolah juga wajib menyediakan kelengkapan prokes,” ucap Asep.

Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka

Asep menuturkan setelah pelaksanaan uji coba tatap muka pihaknya akan melakukan evaluasi. Untuk menentukan kelanjutan pembelajaran seusai lebaran nanti.

“Nanti kita evaluasi. Apakah seusai lebaran nanti semua tingkatan kelas bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka atau tidak. Karena saat ini uji coba hanya berlaku bagi siswa kelas 5 dan 6 SD, kelas 7 dan 8 SMP dan kelas 10 dan 11 SMA,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala SMPN 1 Ciamis Agus Sumantri mengatakan jumlah siswa yang hadir hari pertama 50 persen dari jumlah siswa dari tiap kelasnya.

“Hanya 4 mata pelajaran dengan durasi waktu 40 menit setiap jam pelajarannya. Jadi sekitar pukul 10.40 Anak-anak sudah pulang kembali. Dan bagi anak-anak yang tidak ke sekolah pembelajaran dilakukan secara daring,” katanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...

Keren, Disdukcapil Ciamis Masuk 3 Besar Lolos Penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis, masuk 3 besar lolos penilaian dalam hasil seleksi administrasi Adminduk Prima Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ciamis,...

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya