Selasa, Februari 27, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Hari Pertama Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka Kadisdik Ciamis Pantau Sekolah

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Uji coba pembelajaran tatap muka di Kabupaten Ciamis dimulai hari ini Senin (19/4/2021). Uji coba ini kan berlangsung selama dua minggu di bulan Ramadhan.

Hari pertama pelaksanaan uji coba tatap muka, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Asep Saeful Rahmat memantau ke sejumlah sekolah.

“Ada 779 sekolah mulia jenjang SMA/MA, SMP/Mts dan SD/MI yang menggelar pembelajaran tatap muka selama pandemi ini,” ujarnya.

Asep mengatakan jumlah tersebut berdasarkan rincian Sekolah Dasar sebanyak 744 sekolah, Madrasah Ibtidaiyah 3 sekolah, SMP 20 sekolah, MTs 3 sekolah, SMA 4 sekolah dan Madrasah Aliyah 5 sekolah.

“Untuk jenjang PAUD, TK dan SMK belum bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka karena masih banyak guru yang belum divaksin,” katanya.

Pantauan Djavatoday di SMPN 1 Ciamis, sebelum masuk ke kelas semua siswa terlebih dahulu dicek suhu tubuhnya. Kemudian mereka diharuskan mencuci tangan memakai sabun dan diingatkan memakai masker.

Didalam kelas juga tempat duduk siswa diberi jarak. Siswa duduk secara zig zag dengan aturan satu siswa satu meja.

“Sekolah yang melaksanakan tatap muka wajib mematuhi protokol kesehatan. Selain itu sekolah juga wajib menyediakan kelengkapan prokes,” ucap Asep.

Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka

Asep menuturkan setelah pelaksanaan uji coba tatap muka pihaknya akan melakukan evaluasi. Untuk menentukan kelanjutan pembelajaran seusai lebaran nanti.

“Nanti kita evaluasi. Apakah seusai lebaran nanti semua tingkatan kelas bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka atau tidak. Karena saat ini uji coba hanya berlaku bagi siswa kelas 5 dan 6 SD, kelas 7 dan 8 SMP dan kelas 10 dan 11 SMA,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala SMPN 1 Ciamis Agus Sumantri mengatakan jumlah siswa yang hadir hari pertama 50 persen dari jumlah siswa dari tiap kelasnya.

“Hanya 4 mata pelajaran dengan durasi waktu 40 menit setiap jam pelajarannya. Jadi sekitar pukul 10.40 Anak-anak sudah pulang kembali. Dan bagi anak-anak yang tidak ke sekolah pembelajaran dilakukan secara daring,” katanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Bank Sampah Kartini Dapat Bantuan dari BRI Ciamis, Ada Mobil Pikap untuk Angkut Sampah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bank Sampah Kartini di Desa Imbanagara Raya, Kabupaten Ciamis, mendapat bantuan dari BRI Ciamis. Bantuan itu berupa 1 mobil Pikap pengangkut...

Tiga Nama Calon Sekda Ciamis yang Ditetapkan Hasil Seleksi Terbuka

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis telah melakukan seleksi terbuka untuk mengisi jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Ciamis. Dari 8 pejabat yang mengikuti seleksi, kini sudah...

Rumah Terseret Longsor, Olis Dapat Bantuan dari Dinsos Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Ciamis menyerahkan bantuan kepada Olis warga Dusun Bojongsereh, Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Ciamis, yang rumahnya terseret longsor. Peristiwa...

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...
spot_img

Terpopuler

Lainnya