Rabu, Juni 19, 2024

Pembayaran PBB-P2 di Kabupaten Ciamis Sudah Gunakan E-Commerce

DJAVATODAY.COM, CIAMIS Warga Kabupaten Ciamis saat ini bisa melakukan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan, Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) melalui e-Commerce. Upaya itu dilakukan Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Ciamis bersama perusahaan e-commerce sebagai langkah kemudahan transaksi.

“Warga Ciamis bisa melakukan pembayaran melalui e-commerce aplikasi Bukalapak, Shopee. Selain itu juga bisa dilakukan melalui kantor kas BJB, aplikasi BJB digi, Alfamart, Indomaret, BKPD Lakbok dan di bebera Bumdes,” kata Kepala BPKD Ciamis, Kurniawan saat memberikan sambutan pada Launching SPPT PBB-P2 di Gedung Olahraga SMA Negeri 1 Kawali, Kabupaten Ciamis, Kamis (19/2/2021).

Ia menerangkan, penambahan channel pembayaran dimaksudkan agar mempermudah masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak, khususnya PBB-P2.

Selain itu, Sebagai motivasi dalam pelaksanaan Pembayaran PBB-P2 akan diberikan Double Stimulus dari Bupati Ciamis. Double Stimulus tersebut berupa penghargaan satu unit kendaraan roda dua terhadap desa-desa yang melunasi PBB-P2 1 x 24 jam. Syarat waktu tersebut terhitung sejak berita acara serah terima SPPT PBB-P2 ditandatangani yang diterima oleh Camat.

Pada Double Stimuluis ini juga diberikan penghapusan sanksi administrasi berupa denda piutang pajak yang belum dibayarkan sampai akhir tahun 2020.

“Saya mengharapka inovasi Double Stimulus dari Bupati Ciamis dapat memberikan motivasi serta percepatan dalam Pembayaran PBB-P2 di Ciamis,” tambahnya.

Sembilan Desa di Kecamatan Kawali Lunasi Pajak Pasca Launching SPPT PBB-P2

Kurniawan mengapresiasi Camat dan seluruh kepala desa di Kecamatan Kawali, yang telah berpartisipasi membayar pajak. Kawali merupakan daerah yang pertama kali dan mensupport dengan pencanangan bumbung yang dilaksanakan pada agustus 2020.

Dengan diterapkannya inovasi bumbung tersebut sebanyak sembilan desa di Kecamatan Kawali telah lunas membayar PBB-P2 selepas pelaksanaan launching SPPT PBB-P2. Kesembilan desa tersebut yaitu, Desa Kawali, Kawalimukti, Linggapura, Marga mulya, Citeureup, Selasari, Talagasari, Sindangsari dan Purwasari.

“Kreatifitas ini dilanjutkan dengan arahan Bupati dan diimplementasikan. Kami juga langsung membina kampung sadar pajak di dibeberapa desa Kecamatan Kawali yang cepat dalam pembayaran pajaknya,” urainya.*Arifin AT/DjavaToday

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya