Sabtu, Februari 24, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Pedagang Pasar BMX Ciamis Tutup Setiap Kasus Covid-19 Meningkat

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),-  Pedagang pasar BMX Ciamis kembali menutup aktivitasnya pada hari Minggu ini (22/11/2020). Inisiatif ini dilakukan karena kasus Covid-19 di Kabupaten Ciamis mengalami peningkatan, khususnya di Kecamatan Ciamis.

Kepala Disbudpora Ciamis Erwan Darmawan menyatakan untuk saat ini penentuan buka dan tutupnya pasar dadakan itu tergantung para pedagang. Mereka terkoodinir dalam Himpunan Pedagang Kreatif Ciamis (HPKC).

Kembali meningkatnya kasus Covid-19, dengan adanya pasien terkonfirmasi positif baru di Kecamatan Ciamis kini menutup sementara aktivitas perdagangannya. “HPKC Ciamis melakukan langkah ini karena mereka tidak ingin ambil risiko, khawatir terjadi klaster baru,” ucapnya melalui pesan singkat.

Pedagang Pasar BMX Ciamis kerap berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Ciamis. Sehari sebelum berjualan, mereka akan menannakan perkembangan kasus Covid-19. Bila landai, mereka akan membuka aktivitas perdagangan namun dengan melaksanakan protokol kesehatan 3M dengan ketat. Mulai dari menyediakan sarana cuci tangan pada pintu masuk, harus pakai masker dan jaga jarak.

“Mereka sudah berjanji dan berkomitmen untuk ketat menerapkan protokol kesehatan. Setiap pedagang pun menyediakan tempat cuci tangan di lapaknya serta jangan membuka masker saat berada di area parkiran BMX,” ungkap Erwan.

Selain menerapkan Prokes 3M. Para petugas dari HPKC juga selalu mengingatkan para pengunjung melalui pengeras suara agar tak melepas masker. Juga melakukan patroli keliling, dan akan menegur pengunjung maupun pedagang pasar BMX Ciamis yang tidak taat prokes 3M.

“Ketika kasus Covid-19 Kecamatan Ciamis ada kenaikan, pedagang setuju tidak berdagang dulu pada hari Minggu, sementara. Ini adalah upaya terbaik untuk memutus penyebaran Covid-19,” jelas Erwan.

Erwan meminta kepada masyarakat Ciamis untuk memahami kondisi pandemi saat ini.  Dalam beraktivitas di luar rumah untuk selalu memakai masker, termasuk ketika akan ke Pasar BMX ini.

“Harapan kami, masyarakat memahami kondisi ini. Tak selamanya pasar BMX tutup atau buka. Pedagang pasar BMX Ciamis akan menutup dan membuka sesuai hasil kesepakatan tergantung kondisi. Mengikuti arahan dari Satgas Covid-19 Ciamis,” pungkas Erwan. (CN/Djavatoday)

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

Terpopuler

Lainnya