Rabu, Juni 19, 2024

Panwascam Panawangan Ciamis Sosialisasi Pengawasan Logistik Pemilu 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Panwascam Panawangan Kabupaten Ciamis melaksanakan sosalisasi publikasi dan dokumentasi pengawasan logistik Pemilu 2024. Kegiatan dilaksanakan di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Panawangan, Desa Nagarapageuh, Selasa (19/12/2023).

Sosialsisi dihadiri oleh PKD, Ketua PPK Panawangan, perwakilan dari unsur Muspika Panawangan dan awak media.

Ketua Panwascam Panawangan Mumuh Muslihudin menuturkan tujuan sosialisasi tersebut untuk menjalin sinergitas semua pihak dalam mengawasi jalanya Pemilu 2024.

“Harapannya kita bisa terus sinergi dalam mensukseskan Pemilu 2024 ini. Supaya tetap kondusif, aman dan nyaman, sukses tanpa ekses,” ungkapnya.

Selain sinergitas, sosialisasi tersebut sebagai informasi pada khalayak bahwa Panwascam Panawangan sudah menjalankan tugasnya. Terutama dalam melakukan pengawasan persiapan distribusi logistik ke PPK dan PPS.

“Untuk informasi kepada khalayak, bahwasanya kita pengawas Kecamatan sudah mengawasi persiapan distribusi logistik Pemilu 2024 ke PPK,” tambahnya.

Panwaslu Panawangan juga melakukan pengecekan ke gudang logistik hingga ke desa. Hasilnya semua aman dari banjir. Gudang itu untuk bisa menampung segala kebutuhan logistik yang akan didistribusikan ke TPS di Kecamatan Panawangan.

“Dari PPK sudah siap gudang yang bisa menampung untuk semua TPS yaitu 168 TPS,” ucapnya.

Kebutuhan Logistik Pemilu 2024 di Panawangan

Adapun kebutuhan logistik di Kecamatan Panawangan yaitu TPS 168, kotak suara sebanyak 5 kotak suara per TPS. Jumlah tinta 2 buah per kotak suara, bilik suara sebanyak 4 bilik per TPS, surat suara sebanyak jumlah DPT ditambah 2 persen cadangan yaitu 40.248 ditambah 2 Persen cadangan yaitu 41.053 surat suara. Jumlah segel 75 keping per Kotak Suara dan alat coblos 4 Set Per Kotak Suara.

Mumuh juga menyebut bahwa jumlah TPS di Kecamatan Panawangan yang terdiri dari 18 desa itu hanya 168 TPS.

“Jumlah hak pilih hanya 40.248 orang, lebih sedikit dari jumlah TPS yang ada Kecamatan Kawali yang jumlah desanya lebih sedikit,” jelasnya.

Dengan banyak jumlah desa tersebut, kata Mumuh diperlukan pihaknya agar lebih ekstra bekerja keras dalam melakukan pengawasan logistik.

Dalam melakukan pendistribusian tersebut sangat diprioritaskan terkait ketepatan jumlah. Antara yang diperlukan dan ketersediaan disamping juga soal ketepatan waktu.

Tahapan pendistribusian logistik yaitu memastikan dengan rumusnya 5, 3,1, artinya 5 itu, 5 hari berada pada tingkat PPK. 3 hari berada di tingkat PPS dan satu hari berada di tingkat KPPS atau di TPS.

“Ketika itu ada keterlambatan waktu, itu akan mengganggu tahapan pemilu dan pencoblosan,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Masuk 3 Besar Penilaian Adminduk Prima Jabar, Ini Inovasi Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah masuk 3 besar pada penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar, Disdukcapil Ciamis mempunyai beberapa inovasi pelayanan online. Adapun salah satu inovasi tersebut...

Keren, Disdukcapil Ciamis Masuk 3 Besar Lolos Penilaian Adminduk Prima Provinsi Jabar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Disdukcapil Ciamis, masuk 3 besar lolos penilaian dalam hasil seleksi administrasi Adminduk Prima Provinsi Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Ciamis,...

Bus dan Truk Kecelakaan di Ciamis, Arus Lalu Lintas Sempat Macet

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah bus dan mobil truk terlibat kecelakaan di Tanjakan Cibeka, Desa Karangkamulyan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis. Kecelakaan tersebut terjadi Selasa (18/6/2024) sekitar...

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya