Minggu, Mei 26, 2024

Pantau Arus Mudik Lebaran 2024, Dishub Ciamis Manfaatkan 80 Kamera ATCS

Berita Ciamis (Djavatoday.com), – Dinas Perhubungan (Dishub) Ciamis siap melakukan pemantauan dan pengamanan Mudik Lebaran 2024. Salah satunya Dishub Ciamis memanfaatkan puluhan kamera Automatic Traffic Control System (ATCS) yang terpasang disejumlah titik strategis.

Kabupaten Ciamis merupakan salah satu jalur perlintasan bagi pemudik yang akan menuju Jawa Tengah, Yogyakarta dan sebagian Jawa Timur. Dishub Ciamis memprediksi bakal ada 3,8 juta kendaraan yang akan melintasi Ciamis.

“Jadi selain menggunakan manual melalui posko induk dan pos pantau, kami juga memantau secara elektronik memanfaatkan ATCS Dishub Ciamis. Jadi semua sudah terkoneksi,” ujar Kepala Dishub Ciamis Dadang Mulyatna.

Dadang menjelaskan ada 5 titip persimpangan yang akan menjadi fokus utama pemantauan. Yakni Simpang Pahlawan, Simpang Nagrak, Simpang Tonjong, Simpang Kodim dan Simpang Graha. Di setiap persimpangan terdapat 16 kamera pemantau.

“Jadi ada 5 titip simpang, di setiap titik itu ada 16 kamera artinya ada sekitar 80 kamera yang kami manfaatkan,” ungkapnya.

Menurutnya, pemanfaatan ATCS setiap musim mudik sangat dirasakan terutama dalam mengantisipasi kemacetan. Seperti yang telah dilaksanakan di tahun sebelumnya.

“Jadi misalnya ketika terpantau ada krodit di kota atau di jalan utama, maka kendaraan akan dialihkan ke jalur Selatan Ciamis dan jalur Utara Ciamis,” jelasnya.

Dadan menegaskan, bukan hanya saja kamera pantau, di setiap persimpangan juga sudah dilengkapi dengan pengeras suara. Sehingga pemudik bisa mendapatkan informasi kondisi lalu lintas yang disampaikan oleh operator ATCS.

“Untuk Pos Induk kami dirikan di Jalan Jendral Sudirman tepat di depan Puskesmas Ciamis. Lokasinya strategis dan mudah dijangkau untuk pemantauan dan pengamanan Mudik,” teganya.

Pemantauan ATCS ini juga masyarakat bisa akses melalui website ATCS Ciamis atau melalui aplikasi Helo Ciamis. Diharapkan pemanfaatan ATCS tersebut dapat menciptakan kelancaran mudik dan menekan angka kecelakaan selama Mudik Lebaran 2024. (Ayu/CN/Djavatoday)

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya