Selasa, April 16, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Optimalisasi Retribusi PKB, Dishub Ciamis Ikut Serta Operasi Gabungan KTMDU

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Ciamis ikut serta pada Operasi Gabungan KTMDU. Tujuannya sebagai upaya optimalisasi retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB).

Operasi tersebut juga sebagai langkah untuk meminimalisir kecelakaan jalan akibat kendaraan yang tidak laik jalan. Operasi Gabungan KTMDU dilaksanakan dari hari Senin sampai Rabu (13-15/11/2023). Lokasinya di depan Kantor Samsat Ciamis dan Puskesmas Ciamis, Jalan Jendral Sudirman.

Kepala Dinas Perhubungan Ciamis Dadang Mulyatna menjelaskan dasar hukum kegiatan operasi tersebut yakni Permenhub 19 tahun 2021 tentang Pengujian Kendaraan Bermotor dan Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang LLAJ pasal 48 ayat 1.

“Bahwa keikutsertaan Dishub Ciamis dalam operasi KTMDU merupakan upaya kami sesuai dengan tupoksi untuk memastikan kendaraan wajib uji melaksanakan uji berkala secara periodik agar kendaraan dipastikan kelayakan jalannya,” ujar Dadang, Kamis (16/11/2023).

Dishub Ciamis pun berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam melakukan penilangan apabila kendaraan angkutan barang itu sudah habis wajib uji berkalanya. Mengingat keterbatasan wewenang yang ada, terutama blangko tilang dan PPNs yang habis masa aktifnya.

“Dalam melakukan penilangan kami berkoordinasi dengan kepolisian,” jelasnya.

Selama Operasi KTMDU itu, Dishub Ciamis telah menjaring 30 kendaraan wajib uji yang habis masa uji berkalanya. Rinciannya 20 kendaraan dilakukan penilangan oleh kepolisian dan 10 kendaraan lakukan uji PKB secara langsung daftar ke BJB Mobile.

“Kemi menegaskan setiap kendaraan yang dioperasikan di jalan wajib memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan,” tegasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Nanang Permana Ambil Formulir Pendaftaran Penjaringan Bakal Calon Bupati Ciamis dari PDI Perjuangan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nanang Permana, Ketua DPC PDI Perjuangan Ciamis mengambil formulir pendaftaran bakal calon Bupati Ciamis di DPC PDI Perjuangan Ciamis. Nanang Permana...

Minibus Putih Terguling di Jalur Mudik Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah minibus putih terguling di Jalur Mudik Ciamis tepatnya di Jalan Jendral Sudirman, depan SMKN 1 Ciamis, Kelurahan Sindangrasa, Kecamatan Ciamis,...

Tembok Pagar SMPN 1 Panjalu Ciamis Ambruk, Arus Lalu Lintas Sempat Tertutup

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tembok pagar di depan SMPN 1 Panjalu, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk. Peristiwa itu terjadi pada Minggu (14/4/2024) sore. Tidak...

5 Wisata Alam di Ciamis untuk Libur Lebaran yang Menarik Dikunjungi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kabupaten Ciamis punya sejumlah wisata yang menyajikan keindahan alam dan menarik untuk dikunjungi. Di libur lebaran 2024 ini merupakan waktu yang...

Terpopuler

Lainnya