Kamis, Mei 30, 2024

Ngobeng, Tradisi Warga Ciamis saat Lebaran Tangkap Ikan Pakai Tangan Kosong

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga Ciamis memiliki cara unik dalam merayakan hari Lebaran Idul Fitri, yakni dengan menggelar Tradisi Ngobeng atau tangkap ikan pakai tangan kosong.

Seperti salah satunya yang digelar oleh warga Lingkungan Sikuraja, Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis.

Sebetulnya Tradisi Ngobeng ini hampir digelar di sejumlah desa di Kabupaten Ciamis. Tradisi ini tak pernah absen ketika ada hari besar seperti lebaran atau agustusan.

Puluhan anak-anak, ibu-ibu hingga dewasa turun ke sungai atau saluran irigasi Bubulak. Mereka langsung mengambil posisi membungkuk lalu merentangkan tangan menyisir bagian saluran irigasi untuk menangkap ikan.

Ada juga warga yang bekerja sama dengan membentuk barisan untuk mengepung dan menggiring ikan ke bagian sisi saluran. Setelah terpojok baru lah ikan bisa ditangkap tapi ada juga banyak ikan yang lompat dan berhasil lolos.

Warga tidak boleh menangkap ikan dengan menggunakan alat bantuan seperti jaring atau jala. Bagi yang melakukannya mereka akan langsung dikeluarkan dari arena. Bagi warga yang menemukan ikan dengan tanda khusus maka bisa ditukar dengan hadiah kepada panitia.

“Ngobeng di Lingkungan Sikuraja sudah merupakan tradisi tahunan setelah lebaran Idul Fitri. Biasanya kami laksanakan di saluran irigasi, kalau tahun ini tepat di pintu air Bubulak,” ujar Ketua RT 3 Mulyamin Azis.

Mulyamin alias Ujang menyebut ikan yang ditanam untuk Tradisi Ngobeng ini lebih dari 1 kuintal. Jenisnya ikan mas, ikan kancra, nilem dan ikan lainnya yang tidak memiliki duri di luarnya. Sehingga tidak membahayakan ketika ditangkap pakai tangan kosong.

“Untuk pesertanya dari mana saja dipersilahkan boleh ikut langsung turun. Terbuka untuk umum. Tidak ada biaya daftar alias gratis. Sengaja kami gunakan saluran irigasi, sebagain ditutup menggunakan bambu,” ucapnya.

Mulyamin mengatakan Tradisi Ngobeng ini sebagai bentuk rasa syukur dan hiburan bagi masyarakat terutama anak-anak. Selain Ngobeng, anak-anak juga nampak menikmatinya dengan berenang di saluran irigasi. (Ayu/CN/Djavatoday)

Hasil Survei Partai Golkar, Herdiat Sunarya Diunggulkan di Pilkada Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Partai Golkar telah melakukan survei pertama untuk calon kepala daerah pada Pilkada 2024. Hasil survei itu, Partai Golkar Ciamis menyatakan Herdiat...

Hadiri Pelantikan Perangkat Desa Janggalaharja, Camat Rancah Ciamis Sampaikan Pesan Ini

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Desa Janggalaharja Saefuloh melantik Asep Aldi Reza Syaiful Milah sebagai perangkat desa Kaur Perencanaan. Pelantikan yang digelar di GOR Desa...

PSGC Ciamis Bubarkan Tim Usia Gagal ke 8 Besar Liga 3 Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis membubarkan tim musim 2023/2024 setelah gagal lolos ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Laskar Singacala kandas di babak...

Jalan Mundur Warnai Aksi Solidaritas Jurnalis Ciamis Tolak RUU Penyiaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah jurnalis dari Ciamis, Banjar dan Pangandaran melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung DPRD Ciamis, Selasa (28/5/2024). Mereka menyerukan penolakan...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya