Sabtu, Mei 25, 2024

Ngarak Pataka Ciamis Akan Awali Kemeriahan Hari Jadi ke 380

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis akan menggelar kegiatan Ngarak Pataka untuk mensosialisasikan kepada warga Tatar Galuh bahwa tanggal 12 Juni adalah hari jadi Ciamis. Mengingat masih banyak warga yang belum tahu hari jadi Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

“Masih banyak warga yang tidak tahu kapan hari jadi Ciamis. Kami ingin mensosialisasikan hari jadi ini, agar kemeriahannya sama seperti Hari Kemerdekaan. Semua sudah tahu tanggal 17 Agustus baik orang desa dan pelosok, semua merayakan,” ujar Ketua BP2D Ciamis Endang Haris Juandana, Kamis (2/6/2022).

Ngarak Pataka adalah membawa simbol atau beberapa Ciamis berkeliling ke beberapa tempat. Ada 5 tempat eks kwadanaan yang akan disinggahi diimulai dari Pendopo Bupati Ciamis. Jadwalnya:

4 Juni 2022 lokasi Lapang Diktakerti Pamarican.
5 Juni 2022 lokasi Lapang Wirabaya Rajadesa.
6 Juni 2022 lokasi Lapang Desa Rawa Lumbung.
7 Juni 2022 lokasi Lapang Cibubuhan Sukamantri
8 Juni 2022 lokasi Lapang Margaluyu Cikoneng.
Kemudian pataka kembali dibawa ke Pendopo.

“Kami berharap hari jadi Ciamis menjadi milik semua kalangan. Semuanya tahu dan bisa merayakan. Medianya melalui Ngarak Pataka dan ini baru pertama kali,” kata Endang.

Dalam pelaksanaan Ngarak Pataka ini pada setiap eks kewadanaan tempat persinggahan Pataka tersebut ada sejumlah kemeriahan acara. Seperti kesenian rakyat, pertunjukan seni budaya, pertunjukan musik modern, pembacaan sajak sunda dan juga ada berbagai pelayanan mobile bagi masyarakat. Bahkan ada juga vaksinasi Covid-19.

Awalnya ada rencana Ngarak pataka ke 27 kecamatan. Namun karena ini baru pertama kali dan terkendala waktu maka hanya ke 5 eks kwadanaan.

“Pataka ini adalah bendera sebagai benda mati. Bukan berarti mengagung-agungkan. Tapi ruhnya adalah simbol Ciamis untuk mengabarkan bahwa setiap 12 Juni adalah hari jadi Ciamis, sekarang yang ke 380 tahun,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya