Senin, Juni 17, 2024

Nakes di Ciamis Positif, Layanan Kesehatan Pindah ke RS Swasta

Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang tenaga kesehatan (nakes) yang berdinas di Puskesmas Pembantu (Pustu) Karangampel dan Puskesmas Baregbeg terkonfirmasi positif Covid-19.

Akibatnya layanan di Pustu dan Puskesmas tersebut ditutup selama tiga hari. Sedangkan untuk pelayanan dipindah sementara ke Puskesmas Ciamis dan Rumah Sakit Swasta yang ada di Baregbeg.

“Dugaan sementara nakes tersebut tertular setelah pulang dari Tangerang. Penciumannya terganggu dan mengalami flu,” kata Kabid Yankes Dinas Kesehatan Ciamis, Eni Rochaeni, Jumat (6/11/2020).

Setelah mengalami gejala tersebut, nakes melakukan swab tes dan hasilnya positif Covid-19.

Menurutnya, pihaknya terus mengkaji penyebab terkonfirmasinya nakes tersebut. Karena berdasarkan pengakuan pasien sebelumnya telah melakukan perjalanan ke Tangerang.

“Transmisi lokal di Ciamis bisa dibilang tinggi. Namun peyebabnya masih kita dalami. Apakah transmisi lokal atau memang tertular dari luar kota,”jelasnya.

Eni menuturkan tingginya transmisi lokal di Ciamis disebabkan banyaknya masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan. Bahkan sebarannya bergantian antar kecamatan.

“Baregbeg awalnya zona hijau tapi saat ini ada yang positif. Sedangkan di Kecamatan Cijeungjing kondisinya kini mulai menurun,” ucap Eni.

Kata dia, ada beberapa faktor yang menyebabkan banyaknya nakes di Ciamis yang terkonfirmasi Positif Covid-19.

“Nakes selama ini kerjanya full, mungkin kelelahan sehingga imunitas tubuh turun. Kedua sering interaksi dengan pasien yang tidak menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Dinkes Ciamis meminta seluruh Kecamatandi Ciamis untuk bersatu. Kompak menerapkan protokol kesehatan 3M. Sehingga bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Jangan pernah abai terhadap prokes 3M memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Jaga diri dan keluarga juga orang lain dengan memakai masker saat beraktifitas diluar rumah,” tegasnya. (AY/Djavatoday)

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya