Selasa, Juli 16, 2024

Mudik Lebaran Dilarang, Organda Ciamis Minta Solusi Pemerintah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mudik lebaran resmi dilarang oleh pemerintah pusat. Organda Kabupaten Ciamis menyebut kondisi ini adalah musibah bagi PO Bus.

“Bukannya tidak mendukung terhadap kebijakan pemerintah. Hanya saja kebijakan itu harus juga memikirkan dampak terhadap para pengusaha PO Bus juga. Jangan melarang saja namun juga memberikan solusi untuk kami,” ungkap Ekky Bratakusumah, Sekretaris Organda Ciamis, Selasa (30/3/2021).

Ekky mengatakan pemerintah seharusnya tidak hanya melarang Mudik lebaran. Tapi harus mencari solusi terbaik terhadap nasib para PO Bus yang menanggung beban dari kebijakan tersebut.

“Mudik lebaran dilarang sudah yang kedua kali. Tahun lalu kita nol, karena mulainya pandemi Covid-19. Kita sudah mengalami, seharusnya dari tahun sebelumnya ada gambaran regulasinya,” katanya.

Menurut Ekky, mudik lebaran merupakan panen bagi PO Bus. Tapi dengan adanya larangan mudik ini bagaikan petani yang siap panen ternyata ladangnya terkena bencana alam sampai akhirnya gagal panen.

“Begitu juga sama halnya dengan bus. Perbedaannya, apabila petani biasanya mendapat ganti akibat puso. Sedangkan pengusaha angkutan tidak ada,” terang Ekky.

Mudik lebaran dilarang, Organda dan PO Bus berharap pemerintah bisa seimbang dan adil. Para PO Bus pun sama dengan warga negara yang menginginkan perhatian dari pemerintahnya. Siapa perusahaan transportasi darat tidak mengalami kebangkrutan.

“Ketika pandemi ini saja muatan itu sangat sepi. Apalagi dengan kebijakan larangan mudik lebaran ini akan semakin kosong. Sedangkan kami wajib angkut perintah dari undang-undang. Kalau itu tidak dilakukan akan mendapat tindakan dari Kemenhub,” tuturnya.

Sejak ada pengumuman dari Kemenhub bahwa mudik diizinkan menjadi angin segar bagi PO Bus, namun ketika dilarang menjadi musibah.

“Kami sudah persiapan baik armadanya maupun personelnya. Termasuk juga fasilitas dalam menjalankan protokol kesehatan. Tapi ternyata tiba-tiba mengumumkan pandemi,” katanya. (CN/AY/Djavatoday)

Kadisdik Ciamis Pantau Kegiatan MPLS Hari Pertama Masuk Sekolah, Pastikan Tak Ada Kasus Buli

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Ciamis Erwan Darmawan melakukan pemantauan kegiatan MPLS (masa pengenalan lingkungan sekolah) ke sejumlah sekolah di hari Pertama...

Konsolidasi Relawan Bumi Galuh Ciamis, Herdiat Sampaikan Pesan Ini Hadapi Pilkada 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Herdiat Sunarya, Bakal calon Bupati Ciamis untuk Pilkada 2024 menghadiri konsolidasi Relawan Bumi Galuh. Kegiatan tersebut digelar di Hotel Tyara Plaza,...

Posisi Kasi Perencanaan Kosong, Pemdes Rajadesa Ciamis Seleksi Perangkat Desa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemdes Rajadesa, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, melalui panitia seleksi melakukan penjaringan atau seleksi perangkat desa. Penjaringan itu untuk mengisi posisi Kasi...

Harga Minyakita di Pasar Manis Ciamis Tembus Rp 17.000 Per Liter

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Harga Minyakita di Pasar Manis Ciamis saat ini tembus di Rp 17.000 untuk 1 liter dan Rp 32.000 untuk ukuran 2...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya