Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Mudik Lebaran Dilarang, Organda Ciamis Minta Solusi Pemerintah

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mudik lebaran resmi dilarang oleh pemerintah pusat. Organda Kabupaten Ciamis menyebut kondisi ini adalah musibah bagi PO Bus.

“Bukannya tidak mendukung terhadap kebijakan pemerintah. Hanya saja kebijakan itu harus juga memikirkan dampak terhadap para pengusaha PO Bus juga. Jangan melarang saja namun juga memberikan solusi untuk kami,” ungkap Ekky Bratakusumah, Sekretaris Organda Ciamis, Selasa (30/3/2021).

Ekky mengatakan pemerintah seharusnya tidak hanya melarang Mudik lebaran. Tapi harus mencari solusi terbaik terhadap nasib para PO Bus yang menanggung beban dari kebijakan tersebut.

“Mudik lebaran dilarang sudah yang kedua kali. Tahun lalu kita nol, karena mulainya pandemi Covid-19. Kita sudah mengalami, seharusnya dari tahun sebelumnya ada gambaran regulasinya,” katanya.

Menurut Ekky, mudik lebaran merupakan panen bagi PO Bus. Tapi dengan adanya larangan mudik ini bagaikan petani yang siap panen ternyata ladangnya terkena bencana alam sampai akhirnya gagal panen.

“Begitu juga sama halnya dengan bus. Perbedaannya, apabila petani biasanya mendapat ganti akibat puso. Sedangkan pengusaha angkutan tidak ada,” terang Ekky.

Mudik lebaran dilarang, Organda dan PO Bus berharap pemerintah bisa seimbang dan adil. Para PO Bus pun sama dengan warga negara yang menginginkan perhatian dari pemerintahnya. Siapa perusahaan transportasi darat tidak mengalami kebangkrutan.

“Ketika pandemi ini saja muatan itu sangat sepi. Apalagi dengan kebijakan larangan mudik lebaran ini akan semakin kosong. Sedangkan kami wajib angkut perintah dari undang-undang. Kalau itu tidak dilakukan akan mendapat tindakan dari Kemenhub,” tuturnya.

Sejak ada pengumuman dari Kemenhub bahwa mudik diizinkan menjadi angin segar bagi PO Bus, namun ketika dilarang menjadi musibah.

“Kami sudah persiapan baik armadanya maupun personelnya. Termasuk juga fasilitas dalam menjalankan protokol kesehatan. Tapi ternyata tiba-tiba mengumumkan pandemi,” katanya. (CN/AY/Djavatoday)

Simak! Jadwal 5 Tradisi Jelang Ramadan 2024 di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi. Menjelang Bulan Ramadan, ada berbagai tradisi budaya yang biasa digelar masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Biasanya...

Dispar Ciamis Berlakukan Penyesuaian Tarif Tiket Masuk 4 Obyek Wisata

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Ciamis akan memberlakukan penyesuaian tarif tiket masuk di obyek wisata yang dikelola Pemkab Ciamis. Penyesuaian tarif itu...

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Terpopuler

Lainnya