spot_img
Selasa, November 29, 2022
spot_img

Misteri Jembatan Cirahong Ciamis dan Cerita Tumbal Sepasang Pengantin

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa waktu lalu Jembatan Cirahong jadi pembicaraan. Hal ini karena adanya kejadian orang yang nekat loncat dan tewas dalam waktu yang berdekatan. Dari keindahannya, Jembatan Cirahong memiliki cerita misteri hingga konon sepasang pengantin jadi tumbal saat pembangunannya.

Konon, pada saat pembangunannya sepasang pengantin yang baru menikah dikubur hidup-hidup di pondasi tiang penyangga jembatan. Seiring waktu, pada jembatan ini sudah banyak orang yang nekat mengakhiri hidupnya dengan cara loncat dari atas jembatan ke Sungai Citanduy. Terbaru dalam waktu dua bulan tahun 2021 sudah ada 2 orang.

Warga setempat ada yang meyakini Jembatan Cirahong memiliki kekuatan magis menarik orang yang niat untuk bunuh diri.

“Konon, orang yang punya niat untuk bunuh diri, dari jauh pun tertarik kesini dan melakukan niatnya itu,” ujar Perangkat Desa Pawindan Ahmad Himawan alias Ahim, Jumat (8/10/2021).

Misteri Jembatan Cirahong ini pun muncul dari cerita urban pada saat proses pembangunannya pada pemerintahan kolonial. Ketika itu, pembangunan jembatan terhambat lantaran adanya sejumlah kendala akibat alam.

Kemudian ada orang pintar yang menyarankan untuk menumbalkan sepasang pengantin baru. Agar pembangunan lancar, pemerintah kolonial pun melaksanakannya.

“Sepasang pengantin baru nikah itu diculik dan dimasukan ke lokasi pengecoran tiang penyangga secara hidup-hidup,” terangnya.

Percaya atau tidak, secara kebetulan orang yang nekat mengakhiri hidup dengan cara loncat itu adalah yang memiliki masalah percintaan dan patah hati. Yang niat akan loncat pasti terlaksana karena konon jembatan ini memiliki daya tarik terhadap orang tersebut.

Itukan cerita misteri Jembatan Cirahong yang sampai saat ini sebagian orang mempercayainya. Benar atau tidaknya, kejadian orang yang nekat loncat dari Jembatan Cirahong itu sudah beberapa kali terjadi dari dulu sampai sekarang. (Ayu/CN/Djavatoday)

Bupati Herdiat Sunarya Jadi Dewan Pembina KTNA Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka secara resmi acara Mimbar Sarasehan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA). Kegiatan digelar di Aula di Dinas...

Buka Mimbar Sarasehan KTNA, Bupati Ciamis: Petani Tetap Optimis

Berita Ciamis (Djavatoday.com) - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka kegiatan mimbar sarasehan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula...

Penyaluran Bansos di Ciamis, Warga Penerima Manfaat Senang Dapat Tunai

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga penerima manfaat Bantuan Sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, tampak merasa senang saat menerima penyaluran Bansos tahap akhir tahun...

Peringati HUT Korpri, Bupati Ciamis Berikan Apresiasi kepada 378 Purna Bakti

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka memperingati HUT Korpri ke-51, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya berikan apresiasi kepada 378 Purna Bakti. Apresiasi itu diberikan setelah Upacara...
- Advertisment -Advertisment

Terpopuler

Lainnya