Rabu, Juli 17, 2024

Misteri Jembatan Cirahong Ciamis dan Cerita Tumbal Sepasang Pengantin

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Beberapa waktu lalu Jembatan Cirahong jadi pembicaraan. Hal ini karena adanya kejadian orang yang nekat loncat dan tewas dalam waktu yang berdekatan. Dari keindahannya, Jembatan Cirahong memiliki cerita misteri hingga konon sepasang pengantin jadi tumbal saat pembangunannya.

Konon, pada saat pembangunannya sepasang pengantin yang baru menikah dikubur hidup-hidup di pondasi tiang penyangga jembatan. Seiring waktu, pada jembatan ini sudah banyak orang yang nekat mengakhiri hidupnya dengan cara loncat dari atas jembatan ke Sungai Citanduy. Terbaru dalam waktu dua bulan tahun 2021 sudah ada 2 orang.

Warga setempat ada yang meyakini Jembatan Cirahong memiliki kekuatan magis menarik orang yang niat untuk bunuh diri.

“Konon, orang yang punya niat untuk bunuh diri, dari jauh pun tertarik kesini dan melakukan niatnya itu,” ujar Perangkat Desa Pawindan Ahmad Himawan alias Ahim, Jumat (8/10/2021).

Misteri Jembatan Cirahong ini pun muncul dari cerita urban pada saat proses pembangunannya pada pemerintahan kolonial. Ketika itu, pembangunan jembatan terhambat lantaran adanya sejumlah kendala akibat alam.

Kemudian ada orang pintar yang menyarankan untuk menumbalkan sepasang pengantin baru. Agar pembangunan lancar, pemerintah kolonial pun melaksanakannya.

“Sepasang pengantin baru nikah itu diculik dan dimasukan ke lokasi pengecoran tiang penyangga secara hidup-hidup,” terangnya.

Percaya atau tidak, secara kebetulan orang yang nekat mengakhiri hidup dengan cara loncat itu adalah yang memiliki masalah percintaan dan patah hati. Yang niat akan loncat pasti terlaksana karena konon jembatan ini memiliki daya tarik terhadap orang tersebut.

Itukan cerita misteri Jembatan Cirahong yang sampai saat ini sebagian orang mempercayainya. Benar atau tidaknya, kejadian orang yang nekat loncat dari Jembatan Cirahong itu sudah beberapa kali terjadi dari dulu sampai sekarang. (Ayu/CN/Djavatoday)

BPPD Ciamis Akan Gelar Tiba-tiba Touring Jilid IV, Ini Rutenya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Ciamis, BPPD Ciamis akan melaksanakan Tiba-tiba Touring. Tiba-tiba Touring yang saat ini sudah keempat...

Pemkab Ciamis Bahas Substansi RDTR Kawasan Perkotaan di Kecamatan Rancah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis membahas substansi Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) kawasan perkotaan di Kecamatan Rancah 2024-2044. Pembahasan tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah...

Harga Kopi Naik Drastis, Petani di Cipaku Ciamis Sumringah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Harga kopi kini mencapai nilai tertinggi sekitar Rp 75 ribu per kilogram. Hal ini tentunya membuat petani kopi di Desa Sukawening,...

Diserang Patek, Petani Cabai Rawit Domba di Ciamis Merugi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Penyakit Patek dan layu menyerang tanaman cabai rawit domba di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis. Akibatnya, petani mengalami kerugian hingga...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya