Jumat, April 19, 2024

Misteri Hilangnya Nenek Sarsih di Hutan Gunung Sawal Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nenek Sarsih (82) lansia warga Desa Sukawening, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis hilang di hutan kaki Gunung Sawal sejak awal Agustus 2023 lalu. Hingga saat ini hilangnya Nenek Sarsih masih menjadi misteri.

Beberapa spekulasi dan dugaan mengenai keberadaan Nenek Sarsih pun bermunculan. Namun kebanyakan dugaan itu berkaitan dengan hal ghaib.

Konon ada yang menyebut, hilangnya Nenek Sarsih diduga ulah mahluk halus. Sebagian warga beranggapan Nenek Sarsih masih hidup dan konon dinikahi oleh keramat di kaki Gunung Sawal. Di wilayah tersebut terdapat Keramat Nyi Ronggeng. Sehingga Nenek Sarsih tak bisa pulang.

Ada juga yang menyebut Nenek Sarsih dijadikan pembantu ke suatu kerajaan yang tak kasat mata. Hal ini lah yang membuat Nenek Sarsih tak dapat ditemukan atau pun pulang.

“Menurut Penelusuran batin, masih hidup dan ada di salah satu kerajaan, semoga benar adanya. Nenek Sarsih tidak diizinkan pulang ke alam manusia,” ujar Kepala Dusun Sukamanah Mahesandi, Selasa (9/1/2023).

Meski demikian, Kepala Dusun Mahesandi menyebut pihak keluarga saat ini menganggap Nenek Sarsih sudah meninggal dunia. Bahkan keluarga telah melangsungkan tahlilan.

Sebelumnya, Nenek Sarsih dikabarkan hilang di hutan kaki Gunung Sawal sejak Sabtu (5/8/2023). Bahkan Tim SAR Gabungan pun sempat melakukan pencarian selama beberapa hari.

Awalnya Sarsih pergi dari rumah pada Jumat (4/8/2023) untuk mencari rumput. Ia memakai kebaya hitam dan berkerudung hitam sambil membawa karung dan parang.

Sarsih kemudian tak kunjung pulang ke rumah hingga larut malam. Pihak keluarga kemudian melapor ke Pemerintah Desa Sukawening. Keesokan harinya, Tim SAR gabungan datang untuk melakukan pencarian tapi tak membuahkan hasil. (Andra/CN/Djavatoday)

Mitos Pantangan Warga Sumedang Kunjungi Situ Panjalu Ciamis Terpecahkan Lewat Kirab Mahkota Binokasih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Setelah sekian lama mitos pantangan atau larangan warga Sumedang mengunjungi/menyeberangi Situ Lengkong Panjalu, Ciamis kini terpecahkan. Hal itu ditandai dengan even...

Akhiri Masa Jabatan Bupati Ciamis Herdiat Lantik 146 Pejabat, Andang Firman Jadi Sekda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengakhiri masa jabatan dengan melantik dan ambil sumpah 146 pejabat Pemkab Ciamis. Pelantikan dilaksanakan di halaman Pendopo...

TNI Sumedang Bangun Saluran Air Bagi Warga yang Terdampak Longsor di Permukiman

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- TNI Koramil 1009 Tomo Kodim 0610 Sumedang menggelar kegiatan karya bakti. TNI membantu masyarakat membangun saluran air di Dusun Cirendang, Desa...

Kirab Mahkota Binokasih di Ciamis Jadi Edukasi Sejarah untuk Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kirab Mahkota Binokasih dari Keraton Sumedang Larang telah dilaksanakan dua hari di Kabupaten Ciamis, Selasa-Rabu (16-17/5/2024). Kirab digelar di dua tempat...

Terpopuler

Lainnya