Senin, Juni 17, 2024

Mengenal Cital dan Citul, Macan Penghuni Gunung Sawal yang Jadi Maskot Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Ciamis meluncurkan dua maskot Pilkada Ciamis 2024 yakni Cital dan Citul. Peluncuran dilaksanakan di Alun-alun Ciamis.

Cital diberi nama Si Abah, dan Citul namanya Si Ambu. Keduanya adalah sepasang macan tutul Jawa penghuni Gunung Sawal Ciamis. Macan tutul juga menjadi salah satu ikon Ciamis.

Si Abah macan tutul Sang Penguasa Gunung Sawal kini sudah mati karena dimakan usia, namun namanya masih tetap dikenang oleh sebagian masyarakat Ciamis. Bahkan sekarang Si Abah diabadikan dan dijadikan maskot Pilkada Ciamis 2024.

Filosofis dari maskot Cital Si Abah dan Citil Si Ambu melambangkan sebagai sosok yang perkasa sekaligus arif dan bijaksana. Si Abah memiliki sifat silih asah, silih asih, dan silih asuh.

Momentum Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis Tahun 2024 diharapkan mampu menghadirkan dan mengaktualisasikan keperkasaan yang arif dan bijaksana serta sifat-sifat luhur yang ada dan bersemayam pada setiap pemilih, peserta pemilihan, penyelenggara Pemilihan, dan seluruh komponen yang terlibat, baik langsung maupun tidak langsung.

Maskot yang didesain sepasang atau bukan karakter tunggal (single). Hal ini untuk mempertegas bahwa sosok pemilih laki-laki dan perempuan adalah memiliki hak yang sama dalam Pilbup Ciamis.

Cital juga merupakan akronim dari Ciamis Tangguh Linuhung menggambarkan sosok laki-laki. Sedangkan Citul akronim dari Ciamis Mantap dan Unggul menggambarkan sosok perempuan.

Cital ini digambarkan memegang paku pencoblosan dan tangan satunya mengacungkan jari kelingking warna ungu menandakan sudah memilih. Cital memakai iket Sunda model Makuta Wangsa warna ungu dengan motif batik Cakra Rahayu Kencana.

Sedangkan Citul memegang surat suara dan juga mengacungkan jari ungu. Citul juga menunjukan tanggal surat suara pada 27 November 2024 sebagai hari pencoblosan.

Maskot Pilkada Ciamis Cital dan Citul Hasil Sayembara

Ketua KPU Ciamis Oong Ramdani mengatakan maskot Cital dan Citul ini hasil dari sayembara. Ada 35 desain maskot yang masuk, namun hasil dewan juri memilih maskot Cital dan Citul dari karya warga bernama Roni Cahya Nugraha.

“Cital dan Citul merupakan macan tutul di Gunung Sawal, hewan langka endemi di Gunung Sawal,” ujarnya.

Oong mengaku awalnya tidak tergambar bahwa maskot Pilkada Ciamis akan macan tutul. Mengingat, pilkada sebelum-sebelumnya, biasanya ayam jago, raflesia dan lainnya.

“Setelah penilaian sayembara, ada 35 yang masuk kemudian membentuk dewan juri memutuskan itu. akronimnya Ciamis Tangguh Linuhung dan Ciamis Mantap dan Unggul,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...

Jelang Idul Adha, Pedagang Kulit Ketupat di Ciamis Menjamur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang hari raya Idul Adha, pedagang kulit ketupat musiman mulai menjamur di Pasar Manis Ciamis, Minggu (16/6/2024). Selain di Pasar Manis Ciamis,...

Rumah Lansia di Banjaranyar Ciamis Rusak Tertimpa Pohon Petai Tumbang

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah Pardi seorang lansia berusia 79 tahun di Dusun Mekarsari, Desa Cikupa, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, rusak akibat tertimpa pohon petai...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya