Selasa, Juli 9, 2024

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat untuk melantik Raja Galuh.

Batu Palinggih yang juga dikenal Batu Korsi. Bentuknya panjang dan pipih di tengahnya terdapat batu yang berdiri sebagai sandaran raja saat menjalani prosesi pelantikan.

Letak Batu Palinggih berada di bagian tengah Situs Astana Gede paling awal di antara prasasti lainnya. Konon dulunya batu tersebut adalah lempengan besar, namun pecah oleh masyarakat.

Kang Enno, Budayawan Kawali menjelaskan, masyarakat Kawali menyebut batu itu Palinggih, sedangkan secara arkeologi disebut Batu Korsi atau tempat pengobatan raja.

“Jadi setiap calon raja di Kerajaan Galuh kalau mau dilantik duduk di batu itu untuk melaksanakan prosesi pelantikan,” ujar Enno.

Enno menjelaskan Batu Palinggih berbeda dengan Singgasana. Di beberapa situs atau kabuyutan, biasanya terdapat batu untuk pengobatan raja. Sedangkan singgasana hanya ada di keraton.

“Situs-situs di Galuh khususnya mempunyai batu untuk penobatan. Di Karangkamulyan ada, di Bogor juga ada peninggalan Padjajaran,” ungkapnya.

Batu Palinggih itu pertama digunakan saat pelantikan Raja Galuh Prabu Ajiguna Linggawisesa pada tahun 1333. Prabu Ajiguna Linggawisesa merupakan raja pertama yang memerintah di Kerajaan Galuh Kawali. Sedangkan batu itu terakhir digunakan untuk pengobatan Raja Prabu Jayadewata atau masyarakat menyebutnya Prabu Siliwangi.

“Jadi Batu Palinggih ini dipakai penobatan 7 raja. Dari tahun 1333 raja pertama sampai tahun 1482 raja terakhir,” katanya.

Enno pun belum mengetahui secara pasti prosesi penobatan raja di Batu Palinggih tersebut. Mengingat tidak disebutkan secara detail dalam naskah-naskah kuno.

“Tapi yang jelas sistem pemerintahannya itu memiliki pola Tritangtu yaitu ada Rama, Resi dan Ratu,” ungkap petugas di Astana Gede Kawali ini. (Ayu/CN/Djavatoday)

Kunjungi Stand Pameran HKP ke 52, Ini Harapan Pj Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna kunjungi stand Pameran Pertanian dan Kampung Madu yang berada di Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Stand pameran pertanian...

Bahu Jembatan Penghubung Dua Kecamatan di Ciamis Ambruk, Lalu Lintas Terganggu

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bahu Jembatan di jalan penghubung antar kecamatan di Dusun Kertajaga, Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, ambruk. Jalan itu menghubungkan Kecamatan...

Fathan Al Maizan Zhapar Raih Juara 2 Cabor Senam Tingkat Provinsi Jawa Barat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Fathan Al Maizan Zhapar berhasil meraih Juara 2 Cabor Senam Nomor Meja Lompat ajang O2SN Tingkat Provinsi Jawa Barat. Ajang itu...

Rumah Milik Warga Maleber Ciamis Ini Ambruk, Diduga Karena Sudah Lapuk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah milik Aip Arifin warga Kelurahan Maleber, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ambruk pada Sabtu (6/7/2024) lalu. Beruntung dalam musibah tersebut...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya