Jumat, Februari 23, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Melintasi Ciamis, Yonif 754 Ikuti Klasifikasi Latihan Pasukan Raider

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Ciamis (Djavatoday.com),- Batalyon Infantri ( Yonif ) 754 mengikuti latihan pembentukan pasukan dari pasukan infantri reguler untuk menjadi pasukan Raider.

Wadan Pussenif Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin menuturkan pembentukan pasukan Batalyon Infantri reguler ke Batalyon Infantri Raider adalah program satuan atas dalam meningkatkan kemampuan prajurit TNI Angkatan Darat.

“Baru sekarang ini pembentukan pasukan Raider oleh  Pussenif atau pusat kesenjataan infantri reguler,” ujar Achmad saat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (14/10/2020).

Daniel menuturkan dalam pelatihan pasukan tersebut para prajurit mendapat pelatihan khusus berkualifikasi Raid.

“Prajurit dilatih untuk menghancurkan musuh dalam waktu yang singkat, cepat, senyap dan tepat,” ungkap Achmad.

Daniel mejelaskan selain melumpuhkan target musuh dalam waktu cepat, dalam pelatihan juga  pasukan Raider harus bisa menguasai berbagai kondisi medan pertempuran.

Salah satu daerah yang dilalui adalah Kabupaten Ciamis. Ada beberapa tantangan saat melaksanakan latihan Ciamis. Ketika dalam  perjalanan menuju Cilacap dari awal keberangkatan di Bandung.

“Para siswa Raider ini pun harus mencari cara bisa menyusup ke wilayah musuh melalui rawa, sungai dan laut,” ungkapnya.

Setelah selesai menjalani pelatihan ini pasukan Raider personil Yonif 754 kemudian akan dilantik menjadi Batalyon Raider. Terakhir para prajurit pun menjalani pelatihan di Pantai Cilacap Jateng sampai selesai.

Dalam pelatihan saat Pandemi COVID-19, seluruh  prajurit sebelumnya mengikuti tes medis serta  protokol kesehatan ketat dalam aplikasi tekhnis pelatihan.

“Protokol Kesehatan pun dilaksanakan. Sehingga para siswa raider dalam kondisi sehat. Sekaligus satu komunitas ini aman dan tidak terkontaminasi oleh virus,” ungkapnya. (AY/Djavatoday)

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Persit Kartika Candra Kirana Cabang XXIV Gelar Donor Darah

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke-78 Tahun 2024, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXIV menggelar kegiatan...

13 Warga Baregbeg Ciamis Terjangkit DBD, 1 Orang Meninggal Dunia

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) kini mengalami peningkatan di Kabupaten Ciamis. Salah satunya di Kecamatan Baregbeg, sudah ada 13 warga yang...

Waspada! Penipu Mengaku Petugas Tera Timbangan Berkeliaran di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) Ciamis mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan petugas tera timbangan dari DKUKMP Ciamis. Penipu...

Terpopuler

Lainnya