Kamis, Juli 18, 2024

Melintasi Ciamis, Yonif 754 Ikuti Klasifikasi Latihan Pasukan Raider

Ciamis (Djavatoday.com),- Batalyon Infantri ( Yonif ) 754 mengikuti latihan pembentukan pasukan dari pasukan infantri reguler untuk menjadi pasukan Raider.

Wadan Pussenif Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin menuturkan pembentukan pasukan Batalyon Infantri reguler ke Batalyon Infantri Raider adalah program satuan atas dalam meningkatkan kemampuan prajurit TNI Angkatan Darat.

“Baru sekarang ini pembentukan pasukan Raider oleh  Pussenif atau pusat kesenjataan infantri reguler,” ujar Achmad saat di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (14/10/2020).

Daniel menuturkan dalam pelatihan pasukan tersebut para prajurit mendapat pelatihan khusus berkualifikasi Raid.

“Prajurit dilatih untuk menghancurkan musuh dalam waktu yang singkat, cepat, senyap dan tepat,” ungkap Achmad.

Daniel mejelaskan selain melumpuhkan target musuh dalam waktu cepat, dalam pelatihan juga  pasukan Raider harus bisa menguasai berbagai kondisi medan pertempuran.

Salah satu daerah yang dilalui adalah Kabupaten Ciamis. Ada beberapa tantangan saat melaksanakan latihan Ciamis. Ketika dalam  perjalanan menuju Cilacap dari awal keberangkatan di Bandung.

“Para siswa Raider ini pun harus mencari cara bisa menyusup ke wilayah musuh melalui rawa, sungai dan laut,” ungkapnya.

Setelah selesai menjalani pelatihan ini pasukan Raider personil Yonif 754 kemudian akan dilantik menjadi Batalyon Raider. Terakhir para prajurit pun menjalani pelatihan di Pantai Cilacap Jateng sampai selesai.

Dalam pelatihan saat Pandemi COVID-19, seluruh  prajurit sebelumnya mengikuti tes medis serta  protokol kesehatan ketat dalam aplikasi tekhnis pelatihan.

“Protokol Kesehatan pun dilaksanakan. Sehingga para siswa raider dalam kondisi sehat. Sekaligus satu komunitas ini aman dan tidak terkontaminasi oleh virus,” ungkapnya. (AY/Djavatoday)

Calon Pengantin Diwajibkan Setor Tunas Kelapa, Begini Penjelasan Pemda Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pasangan calon pengantin di Kabupaten Ciamis, harus menyetorkan atau menanam tunas kelapa atau kitri saat akan melangsungkan pernikahan. Wacana itu dikeluarkan...

Rumah di Purwadadi Ciamis Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah milik Supangat lansia berusia 60 tahun di Dusun Sukamulya, Desa Purwadadi, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Peristiwa itu terjadi...

Masih Sakit, Satu Jemaah Haji Ciamis Tidak Pulang ke Tanah Air

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Satu orang jemaah haji asal Kabupaten Ciamis dari kloter 53 JKS tidak pulang ke tanah air. Hal itu karena sakit dan...

BPPD Ciamis Akan Gelar Tiba-tiba Touring Jilid IV, Ini Rutenya

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Ciamis, BPPD Ciamis akan melaksanakan Tiba-tiba Touring. Tiba-tiba Touring yang saat ini sudah keempat...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya