Selasa, Mei 21, 2024

Melihat Mini Ranch Sapi Pasundan di Ciamis, Tempat Pengembangan Sapi Lokal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Ciamis berupaya menjadikan Tatar Galuh sebagai Sentra Sapi Pasundan. Untuk itu Disnakkan Ciamis saat ini mengembangkan sebuah agrowisata yakni Mini Ranch Sapi Pasundan.

Lokasi Mini Ranch berada di Desa Cibeureum, Kecamatan Sukamantri, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Tempat ini memiliki cuaca dan tempat yang cocok untuk perkembangan sapi. Di Mini Ranch ini, sapi bisa berkeliaran bebas di Padang rumput.

Sekadar diketahui Sapi Pasundan adalah plasma Nutfah kebanggaan Provinsi Jawa Barat. Pemkab Ciamis telah mendapat kepercayaan dari Pemerintah Pusat untuk kegiatan pembibitan sapi Pasundan, berkat pengembangan Mini Ranch ini. Sebagai upaya untuk mempercepat pertambahan populasi sapi di Kabupaten Ciamis.

Ke depan, Disnakkan Ciamis pun berencana akan membangun pusat penelitian dan pengembangan sapi Pasundan yang ditargetkan tahun 2025. Lokasinya di Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok.

Harapannya, keberadaan Mini Ranch tersebut dapat mengembalikan kejayaan Ciamis sebagai sentra Sapi Pasundan. Di mana Ciamis dulu sebagai salah satu daerah pasok sapi pasundan ke luar daerah.

Tidak hanya sebagai pengembangan dan pembibitan sapi lokal, Mini Ranch juga sebagai lokasi edukasi dan wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Mini ranch ini berjarak sekitar 45 kilometer dari pusat Ciamis kota, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit.

Mini Ranch sebetulnya merupakan lokasi untuk pengembangan sapi lokal yang dikelola oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis. Namun konsep peternakan ini sapi diliarkan di lahan yang menyerupai Padang rumput.

Menariknya, peternakan ini juga menyerupai peternakan yang ada di luar negeri seperti Selandia Baru. Banyak pengunjung yang tertarik datang karena panorama alamnya yang indah.

Udara di Mini Ranch Sapi Pasundan ini sangat sejuk karena berada di kawasan pegunungan dengan pemandangan alam yang indah.

Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis pun kolaborasi dengan Dinas Pariwisata Ciamis dan Pemerintah Desa setempat untuk mengelola wahana wisata.

Fasilitas dan Jam Operasional Mini Ranch Sapi Pasundan Ciamis

Pengunjung dapat menikmati sejumlah wahana yang tersedia di obyek wisata sekitar Mini Ranch. Seperti flyng fox, ATV, mini cross, lesehan, mini zoo, ayunan dan camping ground. Tarif setiap wahana pun cukup terjangkau dari mulai Rp 10 ribu, Rp 15 ribu dan Rp 20 ribu. Sedangkan untuk tiket masuk Rp 3 ribu serta parkir Rp 2 ribu.

Sama seperti tempat wisata lainnya, Mini Ranch pun memiliki sejumlah fasilitas seperti lahan parkir luas, mushala dan toilet. Sinyal selular atau data di lokasi ini pun cukup kuat, sekadar untuk mengunggah hasil jepretan ke media sosial. (Ayu/CN/Djavatoday)

Kafilah MTQ Berprestasi di Provinsi Dapat Tabungan Umrah dari Pemkab Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis memberikan uang kadeudeuh bagi Kafilah MTQ Ciamis yah berprestasi di tingkat Provinsi Jabar 2024. Uang kadeudeuh itu berupa tabungan...

Anggota Polres Ciamis Dites Urine, Kedapatan Pakai Narkoba Akan Disanksi Berat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anggota Polres Ciamis menjalani tes urine, Senin (20/5/2024). Tes urine tersebut digelar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Ciamis Polda Jabar. Semua...

Jelang Kejuaraan Sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Kecamatan Baregbeg Seleksi Pemain

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang kejuaraan sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Pemerintah Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis melakukan seleksi pemain. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa...

Pj Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Gotong Royong Tangani Stunting

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengajak masyarakat gotong royong menangani stunting. Hal itu Engkus sampaikan saat meresmikan Gedung Posyandu Bunga Mawar...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya