Senin, Juni 17, 2024

Melihat Kawasan Ketahanan Pangan Kampung Bungur Jalatrang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wisata Kampung Bungur, Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, menawarkan wisata yang unik. Selain lokasi obyek wisata, tempat ini juga merupakan kawasan ketahanan pangan.

Pemerintah Desa Jalatrang membangun Kampung Bungur ini sejak 2021 lalu. Kampung Bungur memiliki pemandangan alam yang mempesona serta menyegarkan mata.

Kampung Bungur ini berada sekitar 14 kilometer dari pusat Alun-alun Ciamis. Untuk sampai ke Kampung Bungur, pengunjung dari Alun-alun Ciamis mengambil Jalan Ciamis-Cirebon. Kemudian sesampainya Pasar Buniseuri belok kiri kemudian ikuti petunjuk arah.

Kampung Bungur Jalatrang Ciamis ada peternakan, perikanan dan pertanian. Seperti vila ayam, vila domba dan vila sapi, serta kolam ikan dan perkebunan antara lain jagung, kacang dan ubi ungu.

Ada pun fasilitas yang tersedia seperti Camping Ground, mushala, WiFi gratis dan tempat parkir luas. Ada juga beberapa toko yang menyediakan oleh-oleh khas Desa Jalatrang.

Kepala Desa Jalatrang Dadi Haryadi alias Asdad merintis kampung ini sebagai upaya ketahanan pangan. Hal ini sesuai dengan Edaran Kementerian Desa.

“Kami merintis kampung ini sejak tahun 2021 lalu. Awalnya hanya ada vila domba, tapi sekarang sudah bertambah vila ayam dan vila sapi,” ujarnya, Kamis (8/9/2022).

Asdad menyebut saat ini Kampung Bungur seluas 3 hektar dari 6 hektar. Awalnya lokasi ini merupakan tanah bengkok yang tidak produktif. Sehingga desa pun berupaya agar lahan tersebut bermanfaat.

Meski masih tahap pembangunan dan pengembangan, namun sudah banyak warga yang mengunjungi Kampung Bungur. Bahkan beberapa pengunjung adalah rombongan anak PAUD dan siswa SMA.

“Sudah ada pengunjung, ya jadi ini juga tempat wisata. Memang masuk ke lokasi ini tidak gratis. Adapun tagline kita adalah Ulin Sapuasna Mayar Saikhlasna (Main Sepuasnya Bayar Seikhlasnya),” jelas Asdad.

Nama Kampung Bungur sendiri berasal dari sebuah pohon Bungur. Pohon tersebut sudah menjadi ikon desa setempat. (CN/Djavatoday)

Pemkab Ciamis Imbau Panitia Kurban Bagikan Daging Tidak Pakai Kantong Plastik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis mengeluarkan edaran Nomor : 600.4.15/1068-DPRKPLH. 03/2024 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha 1445/2024 Tanpa Sampah atau Kantong Plastik. Edaran...

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena...

Mengenal Batu Palinggih di Situs Astana Gede Kawali Ciamis, Tempat Melantik Raja Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu di Astana Gede Kawali, Kabupaten Ciamis, dipercaya peninggalan Kerajaan Galuh yang dinamakan Palinggih. Konon batu tersebut dulunya menjadi tempat...

Diduga Korsleting Listrik, Pabrik Makanan Ringan di Kawali Ciamis Hangus Terbakar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pabrik makanan ringan di Dusun Pari, Desa Linggapura, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, hangus terbakar. Penyebab kebakaran diduga dari korsleting listrik. Kebakaran...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya