Selasa, Desember 5, 2023
namakamu.com
bjb KMU
namakamu banner id
bjb KMU

Melihat Kawasan Ketahanan Pangan Kampung Bungur Jalatrang Ciamis

namakamu.com
bjb KMU
namakamu banner id
bjb KMU

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wisata Kampung Bungur, Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, menawarkan wisata yang unik. Selain lokasi obyek wisata, tempat ini juga merupakan kawasan ketahanan pangan.

Pemerintah Desa Jalatrang membangun Kampung Bungur ini sejak 2021 lalu. Kampung Bungur memiliki pemandangan alam yang mempesona serta menyegarkan mata.

Kampung Bungur ini berada sekitar 14 kilometer dari pusat Alun-alun Ciamis. Untuk sampai ke Kampung Bungur, pengunjung dari Alun-alun Ciamis mengambil Jalan Ciamis-Cirebon. Kemudian sesampainya Pasar Buniseuri belok kiri kemudian ikuti petunjuk arah.

Kampung Bungur Jalatrang Ciamis ada peternakan, perikanan dan pertanian. Seperti vila ayam, vila domba dan vila sapi, serta kolam ikan dan perkebunan antara lain jagung, kacang dan ubi ungu.

Ada pun fasilitas yang tersedia seperti Camping Ground, mushala, WiFi gratis dan tempat parkir luas. Ada juga beberapa toko yang menyediakan oleh-oleh khas Desa Jalatrang.

Kepala Desa Jalatrang Dadi Haryadi alias Asdad merintis kampung ini sebagai upaya ketahanan pangan. Hal ini sesuai dengan Edaran Kementerian Desa.

“Kami merintis kampung ini sejak tahun 2021 lalu. Awalnya hanya ada vila domba, tapi sekarang sudah bertambah vila ayam dan vila sapi,” ujarnya, Kamis (8/9/2022).

Asdad menyebut saat ini Kampung Bungur seluas 3 hektar dari 6 hektar. Awalnya lokasi ini merupakan tanah bengkok yang tidak produktif. Sehingga desa pun berupaya agar lahan tersebut bermanfaat.

Meski masih tahap pembangunan dan pengembangan, namun sudah banyak warga yang mengunjungi Kampung Bungur. Bahkan beberapa pengunjung adalah rombongan anak PAUD dan siswa SMA.

“Sudah ada pengunjung, ya jadi ini juga tempat wisata. Memang masuk ke lokasi ini tidak gratis. Adapun tagline kita adalah Ulin Sapuasna Mayar Saikhlasna (Main Sepuasnya Bayar Seikhlasnya),” jelas Asdad.

Nama Kampung Bungur sendiri berasal dari sebuah pohon Bungur. Pohon tersebut sudah menjadi ikon desa setempat. (CN/Djavatoday)

Upaya Kabag Hukum Setda Ciamis Antisipasi Praktik Pungli

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Ciamis Deni Wahyu Hidayat berkomitmen untuk mengantisipasi praktik pungutan liar (Pungli). Bersama Tim Pokja Yustisi Sabee...

Ciptakan Langkah Kerja Efisien, Bagian Hukum Setda Ciamis Kolaborasi dengan Berbagai Instansi

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kepala Bagian (Kabag) Hukum Setda Ciamis Deni Wahyu Hidayat berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya dengan menciptakan langkah kerja efisien. Yakni...

Mitos Situs Dalem Dungkut Ranggayunan Ciamis dan Minta Naik Pangkat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Situs Dalem Dungkut Ranggayunan di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, memiliki cerita menarik dan mitos. Di dalam situs terdapat...

Cegah Pelanggaran Kampanye, Panwascam Panawangan Ciamis Rakor Bareng Parpol dan Caleg

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Panwascam Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, berupaya meminimalisir pelanggaran pada tahapan kampanye Pemilu 2024. Salah satunya dengan melakukan rapat koordinasi bersama Partai...
CPL Persyaratan Akta Kematian
CPL persyaratan akta lahir
CPL Persyaratan Pencatatan Perkawinan
CPL Persyaratan Pengangkatan Anak
DFDK Persyaratan KIA 2
DFDK Persyaratan KTP hilang
DFDK persyaratan perekaman ktp el
DFDK Persyaratan Pindah
Kelebihan IKD
Pandupurna Bakti
PDIP Balada Kaki
Permendagri 104 2019 dokduk tidak legalisir
PIAK Ayo Gunakan Silancar
CPL Persyaratan Akta Kematian
CPL persyaratan akta lahir
CPL Persyaratan Pencatatan Perkawinan
CPL Persyaratan Pengangkatan Anak
DFDK Persyaratan KIA 2
DFDK Persyaratan KTP hilang
DFDK persyaratan perekaman ktp el
DFDK Persyaratan Pindah
Kelebihan IKD
Pandupurna Bakti
PDIP Balada Kaki
Permendagri 104 2019 dokduk tidak legalisir
PIAK Ayo Gunakan Silancar
ASN Patuh Hukum
Kepatuhan Hukum
KKS

Terpopuler

Lainnya