Minggu, Juni 23, 2024

Melihat Indahnya Pemandangan Fenomena Negeri di Atas Awan Puncak Bangku Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Obyek Wisata Puncak Bangku Ciamis memiliki pemandangan menakjubkan yakni fenomena negeri di atas awan. Tempat ini cocok untuk menjadi tujuan destinasi saat libur.

Wisata Puncak Bangku Ciamis berada di Desa Situmandala, Kecamatan Rancah. Jaraknya sekitar 26 kilometer dari pusat perkotaan Ciamis, atau dapat ditempuh sekitar 1 jam perjalanan menggunakan kendaraan pribadi motor atau mobil.

Fenomena negeri di atas awan di Puncak Bangku Ciamis hanya dapat dilihat pada pagi hari dari pukul 06.00 sampai 08.00 WIB. Untuk itu, bagi yang lokasinya berada di perkotaan Ciamis, pengunjung harus berangkat sangat pagi sekitar pukul 05.00 WIB.

Itu pun kalau beruntung dapat melihat pemandangan fenomena hamparan awan di atas ketinggian. Ternyata ada beberapa hal yang perlu perhatikan agar dapat menyaksikan fenomena tersebut.

Selain harus di lihat pagi, harus diperhatikan kondisi cuaca juga. Fenomena itu muncul ketika pada sore hari sebelumnya ada hujan cukup lebat. Kemudian kondisi angin yang berhembus. Kalau hembusan anginnya stabil maka fenomena itu dapat terlihat. Tapi kalau anginnya kencang maka pengunjung hanya akan melihat embun yang sangat tebal.

Jadi sebelum berkunjung ke Puncak Bangku Ciamis, alangkah baiknya mengontak pengelola yang tercantum pada media sosial. Atau kalau ada keluarga dan teman bisa memastikannya. Kalau malas bangun subuh, juga bisa kemping di sekitar lokasi.

Meski pun tidak kebagian melihat fenomena negeri di atas awan Puncak Bangku, tidak perlu khawatir. Mengingat pemandangan di Puncak Bangku pun sangat indah. Pengunjung dapat melihat puncak-puncak gunung yang menjulang.

Puncak Bangku ini cocok untuk tempat bersantai atau healing. Suasana sejuk sambil menikmati segelas kopi dengan ditemani pemandangan indah.

Rute dan Tiket Wisata Puncak Bangku Ciamis

Rute ke Puncak Bangku bisa dilihat dari aplikasi maps online di smartphone. Atau dari Alun-alun Ciamis ke arah Kawali, nanti sebelum SPBU Baregbeg belok kanan menuju Kecamatan Rancah. Di pertigaan Rancah dekat Polsek Rancah ambil jalur lurus menuju Kadupandak. Nanti di pinggir jalan ada petunjuk jalan menuju Puncak Bangku.

Meski berada di ketinggian, Puncak Bangku ini dapat diakses langsung menggunakan kendaraan karena berada di pinggir jalan desa. Tidak ada tiket untuk memasuki kawasan tersebut. Pengunjung hanya membayar parkir Rp 2 ribu untuk sepeda motor dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Ada pun fasilitas yang tersedia, seperti tempat parkiran luas, mushala, toilet, tempat duduk, saung-saung, spot selfie dan sejumlah warung yang menyajikan aneka kuliner khas.

Minar, pengunjung asal Kelurahan Linggasari, Kecamatan Ciamis, mengaku rela bangun dini hari demi melihat fenomena negeri di atas awan Puncak Bangku. Ia bangun pukul 04.00 WIB, kemudian persiapan bawa bekal. Tak lupa salat subuh terlebih dahulu.

“Persiapan dulu, habis salat subuh berangkat sekitar pukul 05.00 WIB naik sepeda motor bersama keluarga. Sampai di Puncak Bangku Rancah pukul 06.00 lebih. Alhamdulillah pemandangan awannya dapet. Sudah dua kali ke sini, baru sekarang bisa melihat fenomena negeri di atas awan,” ungkapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Napak Jagat Pasundan, Pj Bupati Ciamis: Momentum Penguatan Budaya Lokal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pergelaran Napak Jagat Pasundan memeriahkan peringatan hari Jadi Kabupaten Ciamis yang ke-382 tahun. Ribuan warga menghadiri kegiatan yang digelar di Alun-alun...

Pj Bupati Ciamis Serahkan Uang Kadeudeuh untuk 397 Anggota KORPRI Purna Bhakti

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna menyerahkan uang Kadeudeuh bagi 397 anggota KORPRI yang Purna Bhakti periode Nopember 2023-Mei 2024. Secara simbolis...

Buka Grand Final Bola Voli PPDI, Ini Harapan Pj Bupati Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna membuka Grand Final pertandingan bola voli antar PPDI kecamatan se Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di GOR...

Lobang Timah Ciamis, Tempat Refreshing yang Recommended!

Lobang Timah Ciamis bukanlah sebuah tempat tambang, Sobat Djava, melainkan sebuah objek wisata alam yang recommended.
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya