Selasa, Mei 21, 2024

Mahasiswa Queensland University Australia Belajar Budaya Warga Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Puluhan mahasiswa dari Queensland University Australia dan Institut Teknologi Bandung berkunjung ke Kabupaten Ciamis, Jawa Barat dalam rangka program International Virtual Course. Mereka berada di Ciamis selama hari dari tanggal 3-5 Desember 2022.

Program ini untuk memperluas pengetahuan mahasiswa serta mempersiapkan mahasiswa untuk terjun ke masyarakat. Ini juga bagian dari mata kuliah manajemen konflik dan multibudaya.

Sebanyak 35 orang mahasiswa yang berasal dari Institut Teknologi Bandung dan The University of Queendsland, Australia akan melakukan penelitian.

Pada hari pertama (3/11/2022) rombongan mahasiswa datang ke Ciamis. Lalu disambut di Plaza Kuliner, Tourism Information Centre. Para mahasiswa mendapat brosur dan buku mengenai pariwisata Ciamis. Lalu mahasiswa Queensland University Australia berwisata ke Cadas Ngampar menggunakan bus wisata Gatrik.

“Terlihat mereka sangat menikmati kegiatan tersebut. Setelah selesai, seluruh mahasiswa menuju Sakola Motekar,” ujar Ketua BP2D Ciamis Endang Haris Juanda.

Pada hari kedua, para mahasiswa senam pagi di Sakola Motekar bersama masyarakat Desa Sukajadi Minggu (4/12/2022).

Setelah itu, pada mahasiswa mengikuti berbagai kegatan seperti memilah sampah, bermain permainan tradisional seperti egrang, perepet jengkol, paciwit ciwit lutung dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, terdapat juga Pasar Kinanti yang menyajikan ragam kreasi panganan tradisional dengan kemasan sajian yang ramah lingkungan. Pasar Kinanti ini ada setiap 5 minggu sekali pada Hari Minggu Wage.

Pada siang hari, peserta diajak untuk Ngobeng atau Ngubyag yang merupakan tradisi menangkap ikan secara massal. Sejumlah mahasiswa dari Queensland University Australia, ikut masuk kolam menangkap ikan bersama warga.

“Pada hari terakhir, Senin, para mahasiswa diajak untuk berkebun dan kemudian menuju ke pusat kota, Alun-alun Ciamis,” kata Endang.

Dengan adanya program ini, Endang berharap dapat memperkenalkan pariwisata dan ekonomi kreatif Ciamis ke masyarakat luas baik lokal ataupun mancanegara serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Ciamis. (Ayu/CN/Djavatoday)

Kafilah MTQ Berprestasi di Provinsi Dapat Tabungan Umrah dari Pemkab Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis memberikan uang kadeudeuh bagi Kafilah MTQ Ciamis yah berprestasi di tingkat Provinsi Jabar 2024. Uang kadeudeuh itu berupa tabungan...

Anggota Polres Ciamis Dites Urine, Kedapatan Pakai Narkoba Akan Disanksi Berat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anggota Polres Ciamis menjalani tes urine, Senin (20/5/2024). Tes urine tersebut digelar oleh Satuan Reserse Narkoba Polres Ciamis Polda Jabar. Semua...

Jelang Kejuaraan Sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Kecamatan Baregbeg Seleksi Pemain

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang kejuaraan sepakbola Dandim Ciamis Cup 2024, Pemerintah Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis melakukan seleksi pemain. Kegiatan dilaksanakan di Lapangan Sepakbola Desa...

Pj Bupati Ciamis Ajak Masyarakat Gotong Royong Tangani Stunting

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengajak masyarakat gotong royong menangani stunting. Hal itu Engkus sampaikan saat meresmikan Gedung Posyandu Bunga Mawar...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya