Minggu, Februari 25, 2024
namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Mahasiswa Muhammadiyah Ciamis Harus Aktif Sebagai Kontrol Politik

namakamu.com
namakamu.com
namakamu banner id
namakamu banner id

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mahasiswa Muhammadiyah Ciamis dapat berperan sebagai mediator antara pemerintah dan masyarakat. Demikian dikatakan Bupati Ciamis Herdiat dalam kegiatan Latihan Dasar Instruktur (LID) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Ciamis. Bertempat di Aula Dins Pendidikan Ciamis, Rabu (13/1/2021).

Herdiat menyampaikan hal tersebut secara Virtual langsung dari ruang Video Conference (Vicon) Kantor Bupati Ciamis.

“Mahasiswa sudah bukan siswa yang tugasnya hanya belajar. Kita bersama menyadari bawha mahasiswa punya idealisme sesuai dengan potensi dan kesempatan untuk berperan di tengah masyarakat,” kata Herdiat.

Dalam kegiatan LID Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ciamis, Herdiat berharap mahasiswa dapat menggantikan generasi selanjutnya. Dengan pondasi akhlak mulia dan keterampilan disertai mental yang tangguh.

“Untuk melanjutkan misi organisasi, pelaksanaan kaderisasi harus dilaksanakan secara baik. Organisasi bersifat mengalir ditandai dengan pergantian kepemimpinan dari golongan muda kepada golongan yang tua,” jelasnya.

Selain itu, Herdiat menekankan, mahasiswa berperan sebagai kontrol atas setiap keputusan dan kebijakan politik. Sebagai agen perubahan melalui idealisme yang memberikan warna dalam perkembangan sejarah.

Mahasiswa sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah untuk menerjemahkan kebijakan-kebijakan di tengah masyarakat.

“Saya berharp mahasiswa mampu menerjemahkan maksud dan tujuan dari setiap kebijakan kontroversial. Dengan Visualisasi yang mudah dimengerti masyarakat,” ungkap Hediat kepada peserta LID Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ciamis.

Herdiat berharap terciptanya instruktur yang tangguh. Bergerak dengan berpegang pada nilai kebenaran disertai kepekaan terhadap situasi dan berani untuk bersikap kritis.

Sementara itu, Ketua pelaksana LID, Dadi Alfito, menyampaikan LID dilaksanakan sebagai solusi atas kebutuhan instruktur. Terutama untuk di wilayah kepengurusan MM Ciamis Raya.

“Demi menjaga sustainability kaderisasi, giroh pengkaderan dibutuhkan instruktur untuk mengelola jenjang training di IMM,” terangnya.

Tujuan Penyelenggaraan LID Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ciamis

Dadi menjelaskan, kegiatan ini merupakan penunjang untuk generasi Muhammadiyah Ciamis. Yang mana, kepengurusanya mencakup tiga wilayah, yakni Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

“Training ini bertujuan memupuk nilai pengkaderan demi mewujudkan masyarakat Islam sebenar-benarnya,” jelasnya.

Kegiatan pembukaan LID Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ciamis juga dihadiri sejumlah tokoh. Dari mulai unsru pemerintah Sekretaris Dinas Pendidikan Ciamis, Tokoh Muhammadiyah, peserta LID dan jajaran pengurus IMM Ciamis Raya. (MM/Djavatoday).

Hadiri Kuliah Umum, Wabup Yana: STIKes Muhammadiyah Ciamis Berkontribusi Tingkatkan IPM

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri kegiatan kuliah umum di STIKes Muhammadiyah, Sabtu (24/2/2024). Yana menyebut STIKes Muhammadiyah menjadi pilar...

Cerita Jembatan Cilokat di Buniseuri Ciamis yang Angker

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jembatan Cilokat di Jalan Raya Ciamis-Kawali, tepatnya di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, dikenal angker. Konon di jembatan tersebut kerap terdengar suara...

Cerita Asal Usul Nama Desa Baregbeg Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Baregbeg merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Ciamis. Menarik untuk dibahas mengenai cerita asal usul penamaan desa tersebut. Konon menurut cerita, nama...

Ini Layanan di Perpustakaan Ciamis, Ada Ruang Baca Bertema Angkasa hingga Audio Visual

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Ciamis terus berupaya meningkatkan layanan kepada masyarakat. Terutama dalam meningkatkan minat baca bagi anak usia dini. Lalu...

Terpopuler

Lainnya