Selasa, Mei 28, 2024

Mahasiswa Muhammadiyah Ciamis Harus Aktif Sebagai Kontrol Politik

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mahasiswa Muhammadiyah Ciamis dapat berperan sebagai mediator antara pemerintah dan masyarakat. Demikian dikatakan Bupati Ciamis Herdiat dalam kegiatan Latihan Dasar Instruktur (LID) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Ciamis. Bertempat di Aula Dins Pendidikan Ciamis, Rabu (13/1/2021).

Herdiat menyampaikan hal tersebut secara Virtual langsung dari ruang Video Conference (Vicon) Kantor Bupati Ciamis.

“Mahasiswa sudah bukan siswa yang tugasnya hanya belajar. Kita bersama menyadari bawha mahasiswa punya idealisme sesuai dengan potensi dan kesempatan untuk berperan di tengah masyarakat,” kata Herdiat.

Dalam kegiatan LID Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ciamis, Herdiat berharap mahasiswa dapat menggantikan generasi selanjutnya. Dengan pondasi akhlak mulia dan keterampilan disertai mental yang tangguh.

“Untuk melanjutkan misi organisasi, pelaksanaan kaderisasi harus dilaksanakan secara baik. Organisasi bersifat mengalir ditandai dengan pergantian kepemimpinan dari golongan muda kepada golongan yang tua,” jelasnya.

Selain itu, Herdiat menekankan, mahasiswa berperan sebagai kontrol atas setiap keputusan dan kebijakan politik. Sebagai agen perubahan melalui idealisme yang memberikan warna dalam perkembangan sejarah.

Mahasiswa sebagai kepanjangan tangan dari pemerintah untuk menerjemahkan kebijakan-kebijakan di tengah masyarakat.

“Saya berharp mahasiswa mampu menerjemahkan maksud dan tujuan dari setiap kebijakan kontroversial. Dengan Visualisasi yang mudah dimengerti masyarakat,” ungkap Hediat kepada peserta LID Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ciamis.

Herdiat berharap terciptanya instruktur yang tangguh. Bergerak dengan berpegang pada nilai kebenaran disertai kepekaan terhadap situasi dan berani untuk bersikap kritis.

Sementara itu, Ketua pelaksana LID, Dadi Alfito, menyampaikan LID dilaksanakan sebagai solusi atas kebutuhan instruktur. Terutama untuk di wilayah kepengurusan MM Ciamis Raya.

“Demi menjaga sustainability kaderisasi, giroh pengkaderan dibutuhkan instruktur untuk mengelola jenjang training di IMM,” terangnya.

Tujuan Penyelenggaraan LID Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ciamis

Dadi menjelaskan, kegiatan ini merupakan penunjang untuk generasi Muhammadiyah Ciamis. Yang mana, kepengurusanya mencakup tiga wilayah, yakni Kabupaten Ciamis, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

“Training ini bertujuan memupuk nilai pengkaderan demi mewujudkan masyarakat Islam sebenar-benarnya,” jelasnya.

Kegiatan pembukaan LID Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Ciamis juga dihadiri sejumlah tokoh. Dari mulai unsru pemerintah Sekretaris Dinas Pendidikan Ciamis, Tokoh Muhammadiyah, peserta LID dan jajaran pengurus IMM Ciamis Raya. (MM/Djavatoday).

Lomba Merpati Tingkat Nasional di Ciamis Berdampak Baik untuk Ekonomi Masyarakat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Lomba burung merpati tingkat nasional seri 3 kembali digelar di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kegiatan itu digelar Penggemar Merpati Tinggi Indonesia...

Pedas Nampol Seblak Bangsat Seuhah yang Viral di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seblak adalah jajanan yang berasal dari Jawa Barat yang saat ini diminati banyak kalangan. Warung Seblak Bangsat Seuhah di Ciamis kini...

Hama Wereng Serang Sawah, Petani di Cigembor Ciamis Galau

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Puluhan hektar sawah di Kelurahan Cigembor, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, diserang hama wereng sejak beberapa pekan lalu. Para petani pun kini...

PSGC Ciamis Kandas di Babak 16 Besar Liga 3 Nasional Usai Ditekuk Persikabpas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- PSGC Ciamis gagal melaju ke babak 8 besar Liga 3 Nasional. Pada pertandingan terakhir grup 2 babak 16 besar, PSGC Ciamis...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya