Minggu, Juli 14, 2024

Mahasiswa KKN Unsil Adakan Rebo Bebersih dan Penanaman Pohon

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mahasiswa KKN Unsil Kelompok 18 Lumbungsari adakan program Rebo Bebersih dan Penanaman Pohon yang bertempat di Manggu hingga Cimuncang, Desa Lumbungsari, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis pada Rabu (28/12/2023).

Agis Ahmad Fauzi sebagai Ketua Pelaksana Rebo Bebersih dan Penanaman Pohon, mengatakan bahwa program kerja (proker) KKN dipilih karena dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan sungai. 

“Kelompok 18 memilih Rebo Bebersih dan Penanaman Pohon sebagai proker karena itu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kebersihan sungai. Yang mana sungai sendiri memberikan banyak manfaat kepada masyarakat itu sendiri,” jelas Agis.

Mahasiswa KKN Unsil Lumbungsari memilih tema “Harmoni Alam: Bersama Kita Jaga Kebersihan Sungai” sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya menjaga kebersihan sungai. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Agis.

“Kami memilih tema tersebut karena ingin menekankan pentingnya menjaga sungai sebagai bagian integral dan harmoni alam. Serta meningkatkan kesadaran masyarakat desa Lumbungsari akan perlunya kebersihan sungai dari sampah dan berkontribusi pada pelestarian ini,” jelas Agis. 

Agis menjelaskan bahwa acara ini diikuti oleh 70 peserta, kemudian dihadiri oleh Camat Lumbung, Kepala Desa Lumbungsari, Kepala UPTD DPRKPLH Kawali. Kepala UPTD PUPR Kawali, Danramil 1307 Kawali, Polsek Kawali, Kepala UPTD Pertanian dan Peternakan Kawali, Koordinator BPP Kec. Lumbung, Ketua Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Ketua Karang Taruna Kecamatan Lumbung, Ketua Karang Taruna Desa Lumbungsari, Ketua Komunitas Peduli Sungai Kabupaten Ciamis, Komunitas Pelindung. 

Mahasiswa KKN Unsil Kelompok 18 juga bekerja sama dengan pihak Penyuluh Kehutanan Kecamatan Lumbung, Komunitas Pelindung, dan Karang Taruna Karya Sari Desa Lumbungsari dalam menyelenggarakan acara ini.

Entit Hidayat sebagai Penyuluh Kehutanan Kecamatan Lumbung, mengatakan bahwa jenis pohon yang ditanam merupakan pohon pinang dan pohon cemara. 

“Fungsinya itu untuk memperkuat tebing sungai dari erosi banjir. Kita tahu bahwa, pinang itu punya akar yang kuat, sehingga dia (pohon pinang) dapat mengikat tanah-tanah dari bahaya longsor,” jelas Entit Hidayat. 

Pesan Kades Lumbungsari untuk Mahasiswa KKN Unsil

Iros Cuhrodi sebagai Kepala Desa Lumbungsari, menuturkan bahwa belum pernah ada peserta KKN yang melaksanakan acara bersih-bersih sungai dan penanaman pohon seperti ini. Kemudian, Iros menjelaskan bahwa acara ini memiliki dampak yang bagus, khususnya untuk warga Lumbungsari. 

“Dampaknya tentu sangat bagus untuk warga, khususnya yang ada di Lumbungsari. Air juga kan jadi bersih, terus udara juga jadi segar tentu dengan adanya penanaman pohon itu,” tutur Iros Cuhrodi. 

Dedi Abdul Majid sebagai Ketua Karang Taruna Desa Lumbungsari, menjelaskan bahwa untuk menjaga kebersihan sungai dan pohon yang telah ditanam akan disampaikan kepada masyarakat untuk lebih dapat mencintai lingkungan, menjaga kebersihan demi kenyamanan, dan juga kesehatan di lingkungan Desa Lumbungsari. (Putri/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya