Sabtu, Mei 25, 2024

Longsor Batu Besar di Ciamis Timbun Jalan, Warga Terisolir

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebuah batu berukuran besar terbawa longsor hingga menutupi badan jalan desa di Dusun Karangwangkal, Desa Kawasen, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (9/11/2022).

Kejadian ini mengakibatkan ratusan KK terisolir karena jalan tertutup material longsor batu besar. Longsor disebabkan hujan yang setiap hari mengguyur wilayah Kecamatan Banjarsari.

Kejadian serupa juga pernah terjadi pada 26 Juni 2022 lalu. Batu berukuran besar pun longsor pada tempat yang sama. Pada saat itu Pemkab Ciamis mengevakuasi baru tersebut dengan cara menghancurkannya dengan bom. Namun batu yang sekarang menutupi jalan desa ukurannya lebih besar dari sebelumnya.

“Warga mendengar suara gemuruh cukup kencang. Kemudian mendatangi asal suara itu, ternyata terjadi longsor membawa batu dan menutupi jalan,” ujar Suharno, Kepala Desa Kawasen.

Baca Juga: Pemkab Ciamis Ledakan Batu Besar yang Tutup Akses Jalan Warga

Seharno menyebut sebanyak 114 KK dari 3 RT kini terisolir. Jalan tersebut tak hanya menutup arus kendaraan, juga pejalan kaki pun tidak bisa melintas. Apabila akan ke wilayah perkotaan, warga harus menggunakan jalan memutar ke wilayah Pangandaran yang jaraknya sampai 35 kilometer.

“Ini jalan penghubung dusun. Sama sekali warga tidak bisa melintas, pejalan kaki sekali pun tidak bisa,” ucapnya.

Pasca kejadian batu longsor, Suharno menyebut sejumlah anak-anak yang pulang sekolah pun terjebak tidak bisa melintas. Kemudian orang tua bersama warga menggendong anak-anak ke atas batu agar bisa pulang ke rumahnya.

“Tadi anak-anak pulang sekolah digendong orang tuanya naik ke batu,” katanya.

Suharno menyebut untuk mengevakuasi baru raksasa tersebut tidak bisa menggunakan alat berat. Perlu ada tim teknik yang melakukan penilaian bila harus kembali dihancurkan menggunakan dinamit.

“Ukuran baru itu tingginya 8 meter dan lebar sekitar 10 meter,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Viral Ratusan Pencari Kerja Melamar Kerja ke Warung Seblak hingga Antre di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Viral di media sosial video yang memperlihatkan ratusan pencari kerja antre melamar pekerjaan di sebuah warung seblak di Kabupaten Ciamis. Video tersebut...

Melihat Kegiatan Budaya Ngarumat Lembur di Desa Cisontrol Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Cisontrol, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan budaya Ngarumat Lembur. Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (22/5/2024). Ngarumat Lembur tersebut...

Polres Ciamis Punya Lapangan Tembak, Latih Kemampuan Anggota Menembak

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Polres Ciamis kini memiliki lapangan tembak bernama Satya Haprabu 8904. Lapangan tembak tersebut dibangun untuk melatih kemampuan menembak para anggota. Kapolda Jawa...

Pipa Transmisi Gunung Cupu Masih Diperbaiki, Perumda Tirta Galuh Ciamis Bagi Dua Layanan Air Bersih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pipa Transmisi milik Perumda Tirta Galuh di Gunung Cupu, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, masih dalam perbaikan. Akibatnya pelayanan distribusi air bersih...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya